Home / Nasional

Selasa, 10 Oktober 2017 - 10:15 WIB

Modus meloloskan kerja di PT Pertamina, warga Sumedang ini ditangkap polisi Cilacap



CILACAP – Modus kriminal dilakukan dengan berbagai cara, salahsatunya dengan berpura pura bisa memasukan kerja. Seperti dilakukan FZ, 22 warga Desa Cintamulya, Kecamatan Jatinangor, Sumedang Jawa Barat yang akhirnya harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dia di tangkap polisi sektor Nusawung Resort Cilacap setelah melaukan penipuan dengan modus bisa meloloskan calon pekerja menjadi karyawan di PT Pertamina (Persero).

Diberitakan harianterbit, penangkapan pelaku menurut Kapolsek Nusawungu AKP Tusiran berawal dari laporan Baroman yang merupakan korban penipuan pelaku. Pada polisi dia mengaku kerugian uang tunai senilai Rp 125 juta pada 4 September 2017.

Baca Juga  Ini alasan pemerintah memberikan gaji ke-13 bagi PNS

“Uang tersebut disetorkan Bariman kepada pelaku dengan harapan anak laki-lakinya yang bernama Eko bisa diterima sebagai karyawan PT Pertamina. Untuk meyakinkan korban, pelaku mengaku kenal dengan Direktur Pertamina sehingga bisa membantu memasukkan menjadi karyawan perusahaan itu dengan membayar sejumlah uang,” ujar AKP Tusiran.

Pelaku berhasil dibekuk saat berada di salahsatu rumah kontrakan di Desa Karangtawang. Dalam penangkapan tersebut, petugas menyita dua unit mobil Nissan Grand Livina dan Ford Escape serta beberapa dokumen persyaratan melamar pekerjaan. ”Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara, sedangkan dua unit mobil yang diduga dibeli dari hasil uang kejahatan disita sebagai barang bukti,” katanya.
Selain itu, kata dia, pihaknya juga menyita kuitansi pembayaran yang tertera uang Rp125 juta serta beberapa dokumen persaratan masuk kerja di Pertamina. ***

Baca Juga  Penyelesaian Honorer K2, Pemerintah Empati Tapi Terbentur Aturan dan Anggaran
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Nasional

Telkom University Berikan Ratusan Masker Kepada Mitra Grab

Nasional

Jumlah Petugas Lapas di Jabar Masih Minim

Nasional

Ketat, Tak Gunakan Masker Penumpang KA Bakal Dilarang Naik

Nasional

Pandemi Covid 19, Polda Jabar Gelar Patroli Skala Besar Gabungan

Nasional

BIJB dibantu Pusat, Aher:Senang

Nasional

Seminar YOI: Partisipasi dalam Membangun Negeri

Nasional

Ini alasan pemerintah memberikan gaji ke-13 bagi PNS
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menggelar konferensi pers di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Senin (3/8/20).

Nasional

Gubernur dan Forkopimda Jabar Siap Ikut Serta Jadi Relawan Vaksin COVID-19