Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Selasa, 19 Juni 2018 - 06:00 WIB

Belum Memiliki e-KTP, Boleh Memilih di Pilkada Serentak 2018. Ini caranya



SUMEDANGONLINE, Bandung – Kabar baik bagi pemilih yang belum memiliki KTP elektronik (KTP el). Dalam Surat Edaran KPU RI Nomor 574, para pemilih yang belum memiliki KTP el atau Suket dari Disdukcapil, boleh menggunakan hak suaranya di TPS, 27 Juni mendatang.

“Cukup membawa C6 dan namanya tertera dalam DPT, boleh memilih,” kata Komisioner KPU Divisi Teknis, Endun Abdul Haq di sela-sela rapat persiapan debat publik Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di Kantor KPU Jl. Garut No. 11 Bandung, Senin (18/6).

Dalam aturan baru tersebut, pemilih yang tidak membawa KTP el atau suket boleh memilih. “Kalau regulasi dulu ditolak, tapi sekarang sejauh pemilih membawa C6 atau terdaftar dalam DPT silakan gunakan hak suaranya,” jelasnya sambil menambahkan bagi yang tidak ada di DPT, tetap wajib membawa KTP elektronik.

Baca Juga  FKB Tel-U Kembali Gelar Festival Foto dan Film Pendek Internasional

Adanya Surat Edaran tersebut disambut baik KPU Kabupaten Sumedang. “Terus terang, ini bagi kami melegakan dan sudah kami sampaikan ke Panwas, kalau orang lupa (bawa e-KTP) tidak usah balik lagi ke rumah, yang penting bawa C6 nya, sudah bisa melakukan hak pilih,” kata Ketua KPU Sumedang Hersa Santosa.

Sebut dia, bagi mereka yang terdaftar di DPT dapat melakukan pendaftaran mulai pukul 07.00 sampai dengan selesai. Sementara untuk yang tidak terdaftar di DPT, mereka dapat melakukan pendaftaran di tempat yang sesuai dengan e-KTP mulai dari pukul 07.00 tetapi melakukan pencoblosan mulai pukul 12.-00.

Baca Juga  Sebagai creator ORI Umbul, Ketua Pagpas: Terima kasih masyarakat Paseh

“Kalau yang mulai jam 12 itu, bagi mereka yang menggunakan pada waktu memilihnya itu hanya menggunakan e-KTP saja atau Suket. Dan mereka itu tidak terdaftar di DPT, dia bisa melakukan hak pilihnya di daerah sesuai dengan yang tertera di e-KTP. Tapi kalau pendaftarannya silakan mulai dari pagi, nanti didata, setelah didata baru melakukan pemilihan,” jelas dia. *** FITRI

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Nasional

Pahami Rasionalisasi Pegawai secara rasional
Proses pemakamanan pasien nomor 18 di Kecamatan Paseh. Selasa, 28 Juli 2020.

Pilihan Redaksi

Sempat Berdagang di Jakarta, Pasien Nomor 18 Positif Covid di Sumedang Wafat
Jajaran Polsek Darmaraja saat melakukan olah tempat kejadian perkara meninggalnya S warga Desa Cipeuteuy Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. Rabu, 13 Januari 2021.

SUMEDANG

Tetangga Dibikin Kaget S Ditemukan Wafat dengan Posisi Gantung Diri

Pilihan Redaksi

Sekda Zaenal Alimin akui belum terima juklak juknis gaji 13 dan 14

DAERAH

Tunggu Komplen, Lima warga enggan pindah di Padajaya

Pilihan Redaksi

Kades Tidak Boleh Jadi Pelaksana Proyek
Indra Jayaatmaja terpilih jadi Ketua Pengurus PBSI Kabupaten Sumedang.

OLAHRAGA

Secara Aklamasi, Indra Didaulat Jadi Ketua Pengkab PBSI Sumedang

Pilihan Redaksi

Dua mayat ditemukan di Cisurat, diduga korban banjir Garut