Home / Pilihan Redaksi / SENI DAN BUDAYA

Sabtu, 18 Agustus 2018 - 22:08 WIB

Dony Akan Ada Pagelaran Seni Setiap Bulan



SUMEDANG.ONLINE, Darmaraja – Bupati Sumedang Terpilih Dony Ahmad Munir berkomitmen akan menggelar pagelaran seni tradisi setiap bulannya di Kabupaten Sumedang. Hal itu dikatakannya saat membuka sebuah acara di Alun-alun Darmaraja, malam ini (17/8/2018).

“Dari kegiatan ini ada beberapa makna yang bisa kita ambil, yang pertama jadi tempat, wahana silaturahim antara seniman, budayawan dengan masyarakat darmaraja,” kata Dony Ahmad Munir, dalam sambutannya.

Kemudian lanjut dia, acara pagelaran seni tradisi juga sebagai sarana untuk mengembangkan bakat dan minat seni dan budaya. Dapat melestarikan seni budaya Sunda yang ada di Kabupaten Sumedang khususnya di kecamatan Darmaraja. “Melestarikan budaya lama yang baik, dan menggali budaya yang baru yang lebih baik. Dengan adanya seni dan budaya seperti ini akan menghaluskan budi dan rasa kita,” sambungnya.

Baca Juga  Mau makan Lele sampe ke tulang-tulangnya? Sambel Layah pilihannya

“Hanya dengan seni, budaya dan rasa hati kita akan halus, jika budi dan rasa sudah halus insyaallah hati kita bisa membedakan yang benar dan salah, bisa membedakan yang hak dan batil. Apabika hati kita sudah bisa membedakan antara yang hak dan batil, semoga kita yang dapat meneggakkan amar makruf nahi Munkar. Itu bagian dari nikai seni dan budaya,” tutupnya.

Baca Juga  Gugus Tugas Darmaraja Buru Terus Pelanggar Prokes

Sementara Camat Darmaraja Agus Khori Hidayat dalam kesempatan sama berharap agar kegiatan semacam itu sebagai sarana untuk ruang berekspresi para seniman yang ada di Darmaraja.

“Di darmaraja banyak sekali kesenian yang ada di Darmaraja ini. Ada yang berbeda 2017 dan 2018. Di 2018 kita ingin lebih menampilkan semua seni yang ada di kecamatan Darmaraja. Kemarin ada dari Jepang itu hanya sebagai ajang motivasi, Jepang saja dapat mencintai seni tradisi kenapa kita tidak,” imbuhnya. (Fitri)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pertemuan Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 45 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam rangka penanganan Covid-19 di Ruang Rapat Disbudparpora Kabupaten Sumedang. Senin, 13 Juli 2020.

Pilihan Redaksi

Fix Boleh Hiburan Hajatan Mulai 1 Agustus, Kadisbudpar: Tak Boleh Ada Prasmanan Dulu

DAERAH

Petani Sayuran, Pasar Terbesar Pupuk Organik

Pilihan Redaksi

Ini dia data korban luka akibat Avanza seruduk 4 unit motor di Situraja

Pilihan Redaksi

Munculnya Fenomena Kerajaan, Polres Sumedang Gelar FGD dengan Masyarakat
Kepala Kantor Kementerian Agama Sumedang, H Hasen menyampaikan tahapan dan jadwal SKB CPNS Kemenag formasi tahun 2019 yang berlokasi di MTsN 1 Sumedang.

Pilihan Redaksi

Usai Verifikasi, Ini Tahapan SKB CPNS Formasi 2019 Kemenag

Pilihan Redaksi

Ini tanggapan mantan Ketua KPU Sumedang terkait keinginan Partai Golkar

PENDIDIKAN

Lepas Sambut Kepsek SMPN 1 Sumedang, Edeng Berharap Jadi Sekolah Jawara

Pilihan Redaksi

Hindari Longsor, Sumanta dan 200 Warga Lainnya Terpaksa Ngungsi