Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 7 Nov 2018 00:47 WIB ·

Bawaslu Sumedang Temukan 175 TKI Terdaftar di DPTHP

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

BAWASLU:

SUMEDANG –  Pelaksanaan pemilihan umum Tahun 2019 tinggal hitungan bulan. Berdasarkan hasil pengawasan melalui pencermatan data yang dihimpun dari DISNAKER mengenai Tenaga Kerja Indonesia asal sumedang yang berada di luar negeri, Bawaslu Kabupaten Sumedang mendapati potensi masalah, khususnya untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sedang dan masih bekerja di luar negeri namun masih terdapat di DPT Sumedang sejauh ini didapati sebanyak 175 orang yang tersebar di 24 kecamatan.

Koordinator divisi Pengawasan, Hubungan antar lembaga dan Hubungan masyarakat, Haidar Ustman, mengatakan WNI di luar negeri idealnya teridentifikasi apakah akan menggunakan hak pilihnya di luar negeri atau di dalam negeri sehingga hak konstitusinya tetap terjaga, kemudian selain itu untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan hak pilih yang memungkinkan terjadi jika data mereka masih terakomodir dalam DPT padahal pemilih yang bersangkutan dipastikan tidak berada di indonesia.

Baca Juga  Yu! hadiri acara angklung pride ke Tujuh di Saung Udjo

“Harapan kami melalui rekomendasi yang dibuat Bawaslu ke KPU Sumedang untuk memastikan bahwa data pemilih di luar dan dalam negeri terkonsolidasi satu sama lain, sehingga tidak ada duplikasi data antara pemilih luar dan dalam negeri,” kata Haidar dalam siaran persnya.

Berdasarkan PKPU Nomor 12 Tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Luar Negeri Dalam Pemilu, DP4LN harus memuat sejumlah informasi diantaranya Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor paspor, nama lengkap, hingga status perkawinan dan alamat WNI terkait.

Baca Juga  Jatman NU Sumedang Gelar Ijazah Manaqib Syeikh Abdul Qodir Al-Jiilani

Penghapusan dan penambahan WNI di dalam DPSLN atau DPTLN bisa dilakukan hingga hari pemungutan suara tiba. “Mengingat pendataan pemilih di luar negeri mendasarkan pada penggunaan paspor, sedangkan di dalam negeri berdasarkan NIK KTP elektronik, jangan sampai ada pemilih ganda yang terdaftar,” sebut Haidar Ustman.

Dari hasil Pleno Bawaslu Kabupaten Sumedang, Selasa tanggal 6Nopember 2018 Bawaslu Kabupaten Sumedang telah merekomendasikan kepada KPU Kabupaten Sumedang untuk melakukan verifikasi faktual terhadap data TKI dimaksud. [iwan]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.

Sumedang Gelar Pilkades Ditengah Pandemi Covid-19, Wabup Sumedang: Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tidak Terjadi Cluster Baru

25 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan mengingatkan berbagai pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021, 27 Oktober 2021 saat Apel Kesiapan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Sumedang. Senin, 25 Oktober 2021.

750 Personel Polisi Siap Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang

25 Oktober 2021 - 14:01 WIB

Dari sebanyak 1.200 personel dari Polres Sumedang, 750 diantaranya bakal dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades serentak) di Kabupaten Sumedang pada 27 Oktober 2021.

Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

21 Oktober 2021 - 17:40 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.

Kenalkan Kaulinan Barudak Tempo Dulu, Desa Sukamenak Gelar Sadinten Ulin di Sagara Munjul

21 Oktober 2021 - 17:12 WIB

Permainan Silat dari Desa Darmajaya, Kecamatan Darmaraja di tampilkan dalam pagelaran Sadinten Ulin di Sagara. Kamis, 21 Oktober 2021.

Manager Sepak Bola PON Jabar Bangga Timnya Lolos 6 Besar

3 Oktober 2021 - 22:14 WIB

Tim Jawa Barat lolos ke babak 6 besar Sepak bola Pon Papua setelah mengalahkan Maluku Utara dengan skor 3-1 di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura, Minggu.
Trending di OLAHRAGA