Menu

Mode Gelap

INTERNASIONAL · 12 Jul 2021 23:54 WIB ·

Ekonomi Kuba Turun Akibat Pandemi, Ribuan Warga Protes ke Jalan

REPORTER: REDAKSI | EDITOR: REDAKSI

Aksi protes warga Kuba yang menuntut segera dilakukan vaksinasi untuk penanganan wabah di Negara tersebut

ISTIMEWA AKSI UNJUK RASA: Aksi protes warga Kuba yang menuntut segera dilakukan vaksinasi untuk penanganan wabah di Negara tersebut

SUMEDANGONLINE, HAVANA – Ribuan warga Kuba melakukan aksi protes besar-besaran, mereka berteriak “turunkan kediktatoran!”. Hal itu dipicu melemahnya ekonomi Kuba pasca adanya pembatasan kebebasan sipil dalam penanganan pandemi oleh pihak berwenang.

Para pengunjuk rasa menuntut program vaksinasi virus corona yang lebih cepat, setelah Kuba melaporkan rekor hampir 7 ribu infeksi harian dan 47 kematian pada hari Minggu ini.

Tahun lalu, ekonomi Kuba yang sebagian besar dikendalikan negara menyusut 11 persen, penurunan terburuk dalam hampir tiga dekade. Itu terpukul keras oleh pandemi dan sanksi AS.

Baca Juga  Izin Dangdutan Dipungut Jutaan Rupiah, Forkompimcam Pastikan Tidak Benar

Ribuan pendukung pro-pemerintah juga turun ke jalan setelah presiden tampil di televisi untuk mendesak mereka membela revolusi – mengacu pada pemberontakan 1959 yang mengantarkan dekade pemerintahan Komunis.

Presiden Miguel Díaz-Canel mengatakan protes adalah provokasi oleh tentara bayaran yang disewa oleh AS untuk mengacaukan negara.

“Perintah untuk bertarung telah diberikan – ke jalan, kaum revolusioner!” katanya dalam sebuah pidato di TV.

Baca Juga  Akad Nikah di Samping Jenazah Kang Tatang

Diplomat top AS untuk Amerika Latin, Julie Chung, mentweet: “Kami sangat prihatin dengan ‘seruan untuk memerangi’ di Kuba.”

Gedung Putih mengatakan pihaknya mendukung rakyat Kuba, dan meminta mereka yang berada di pemerintahan untuk “mendengarkan rakyat mereka dan melayani kebutuhan mereka” daripada kebutuhan mereka sendiri.

“Rakyat Kuba dengan berani menegaskan hak-hak fundamental dan universal,” kata Presiden Joe Biden dalam sebuah pernyataan. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 42 kali

Baca Lainnya

Ini Empat Bahasan Antara Presiden Joko Widodo dengan Joe Biden

2 November 2021 - 12:00 WIB

Presiden Joko Widodo membahas sejumlah penguatan kerja sama Indonesia-Amerika Serikat dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, di Glasgow, Skotlandia, Senin (01/11/2021).

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.

Sumedang Gelar Pilkades Ditengah Pandemi Covid-19, Wabup Sumedang: Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tidak Terjadi Cluster Baru

25 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan mengingatkan berbagai pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021, 27 Oktober 2021 saat Apel Kesiapan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Sumedang. Senin, 25 Oktober 2021.

750 Personel Polisi Siap Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang

25 Oktober 2021 - 14:01 WIB

Dari sebanyak 1.200 personel dari Polres Sumedang, 750 diantaranya bakal dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades serentak) di Kabupaten Sumedang pada 27 Oktober 2021.

Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

21 Oktober 2021 - 17:40 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.

Kenalkan Kaulinan Barudak Tempo Dulu, Desa Sukamenak Gelar Sadinten Ulin di Sagara Munjul

21 Oktober 2021 - 17:12 WIB

Permainan Silat dari Desa Darmajaya, Kecamatan Darmaraja di tampilkan dalam pagelaran Sadinten Ulin di Sagara. Kamis, 21 Oktober 2021.
Trending di Pilihan Redaksi