Dikeliling Sesar, BPBD: BMKG Sebut Sumedang Masih Aman

Igun Gunawan/SUMEDANGONLINE
Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno

SUMEDANG – Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno mengatakan berdasarkan informasi dari BMKG Sumedang masih dalam kondisi aman, pasca Gempa Tektonik Dangkal yang diduga dipicu aktivitas sesar.

“Saya sampaikan betul di Sumedang telah terjadi gempa bumi dengan kedalaman 7 km di bawah Kutamaya. Namun ini masih abu abu dan sesarnya pun masih abu abu. Oleh karena itu saya menyampaikan kepada warga untuk siaga, namun tidak perlu cemas. Karena memang betul ada di Sumedang, namun sesarnya yang mana, yang jelas cesar setempat,” ungkap Atang Sutarno dalam keterangan persnya. Minggu, 31 Desember 2023.

Baca Juga  Longsor Cadas Pangeran

Atang pun memastikan setelah pihaknya melakukan assesmen, belum ada laporan adanya dampak dari gempa.

“Dan mudah mudahan tidak ada, anggota kami sudah menyebar untuk melakukan asesmen ke berbagai pelosok melihat bagaimana kejadian gempa ini,” ungkapnya.

Sumedang sendiri sebut Atang memang dikeliling oleh sesar, sesar Lembang, Baribis dan Ciremai.

“Namun hasil kajian dari BMKG kejadian gempa barusan itu, kita masih aman aman saja. Memang kondisinya 7 km di daratan, namun sampai saat ini dinyatakan oleh BMKG, Sumedang masih aman,” pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebutkan gempa bumi tektonik dangkal yang mengguncang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, ditengarai akibat adanya aktivitas sesar aktif meskipun ini masih bersifat informasi sementara.

Baca Juga  Harjad ke-40, HAKLI Sumedang Bagikan Ribuan Masker ke Warga

“Gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) guncang Sumedang 4,1 magnitudo dengan kedalaman 10 kilometer dipicu aktivitas sesar aktif (info sementara),” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan di Jakarta seperti dikutif SUMEDANGONLINE dari ANTARA. Minggu, 31 Desember 2023.

Seperti diketahui pada 31 Desember 2023, pukul 14:35:34 WIB, wilayah Kabupaten Sumedang dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan M4,1 pusat gempa bumi berada pada koordinat 6,85 Lintang Selatan dan 107,93 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 1 kilometer timur laut Kabupaten Sumedang pada kedalaman 7 kilometer.

Baca Juga  Tak Cukup Uang untuk Biaya Berobat, Warga Sumedang Ini Nekat Gandir

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif daerah setempat,” kata Daryono.

Selang satu jam kemudian, gempa susulan mengguncang wilayah tersebut dengan kekuatan lebih rendah sebesar 3,4 magnitudo.

Lebih lanjut BMKG mengungkapkan belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi dangkal yang mengguncang Kabupaten Sumedang tersebut. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK