Sahabat Bang Ara yang berasal dari sejumlah komunitas berfoto bersama sambil memperlihatkan paket daging kurban. Selasa, 18 Juni 2024.

Igun Gunawan/SUMEDANG ONLINE

Sahabat Bang Ara yang berasal dari sejumlah komunitas berfoto bersama sambil memperlihatkan paket daging kurban. Selasa, 18 Juni 2024.

Junjung Tinggi Toleransi, Meski Beda Keyakinan Tak Jadi Alasan Bang Ara Tetap Peduli

SUMEDANGIdul Adha 1445 H, Maruarar Sirait atau kerap disapa Bang Ara melalui Sahabat Bang Ara (Sabara) Sumedang membagikan ratusan paket daging kurban ke sejumlah komunitas dan warga yang ada di Kabupaten Sumedang. Selasa, 18 Juni 2024.

Salahsatu alasan diundangnya warga dan sejumlah komunitas pada acara yang bertajuk Berkurban untuk Berbagi, Berbagi untuk Kebaikan. Menurut Ketua Sahabat Bang Ara Sumedang Andi Lesmana, hal itu sebagai bentuk pertanggungjawaban dirinya atas amanat yang diberikan Bang Ara yang menitipkan 1 ekor sapi untuk dibagikan pada Sahabat Bang Ara Sumedang.

“Kenapa saya mengundang bapak/ibu, ini sebagai bentuk pertanggungjawaban bahwa pada hari ini saya sudah menyampaikan apa yang diamanatkan oleh Bang Ara kepada bapa/ibu sekalian,” ujar Andi saat memberikan kata sambutan.

Andi pun mengaku bangga dapat mengenal sosok Bang Ara, yang menurutnya memiliki tingkat toleransi yang tinggi. Itu terbukti, meski Bang Ara bukan beragama Islam, tapi dirinya tetap masih peduli pada warga Sumedang.

“Saya merasa bangga pada sosok Bang Ara, meski berbeda kepercayaan dengan kita tetapi kepeduliannya utamanya terhadap Ummat Islam yang ada di Kabupaten Sumedang begitu tinggi,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut juga Andi menyampaikan akad untuk berkurban dan disaksikan oleh warga Sumedang yang hadir dalam cara tersebut.

“Pada saat ini saya ingin mengakadkan, dan agar bapak-ibu menjadi saksi bahwa saya sudah menyampaikan amanat atau titipan dari Bang Ara. Saya juga mengucapkan terima kasih pada Bang Ara yang sudah menitipkan hewan kurban untuk kita ummat muslim yang ada dalam Sahabat Bang Ara untuk dijadikan ibadah Kurban. Ini membuktikan bahwa Bang Ara begitu peduli terhadap warga Sumedang, meski dirinya (agamanya) Kristen, tetapi dia memiliki kepedulian untuk warga-warga muslim utamanya yang da di Kabupaten Sumedang dengan menitipkan 1 ekor sapi, yang daging kurbannya nanti akan dibagikan,” pungkasnya. ***