Pj Sekda Sumedang Tuti Ruswati saat menerima kunjungan para investor di Ruang Rapat Sekda, Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Rabu (19/6/2024).

Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE

Pj Sekda Sumedang Tuti Ruswati saat menerima kunjungan para investor di Ruang Rapat Sekda, Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Rabu (19/6/2024).

Kampung Toga Bakal Disulap Jadi Kawasan Wisata Terintegrasi Kabupaten Sumedang

SUMEDANG – Para investor saat melakukan pertemuan dengan Pj. Sekda Sumedang, Tuti Ruswati. Mereka merencakan akan menyulap Kampung Toga di Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan sebagai kawasan wisata terintegrasi Kabupaten Sumedang.

Sebagai informasi saat ini Kampung Toga masih menjadi ‘surganya’ atlet paralayang. Dengan adanya berbagai tambahan Kawasan menarik wisata lainnya seperti bakal dilengkapi balon udara seperti di Capadocia Turki, danau buatan, glamping, cottage, snow world, mini zoo hingga agrowisata yang akan melibatkan para petani daerah setempat hal itu tentunya dapat menarik wisatawan untuk lebih berlama-lama di Sumedang.

Menanggapi hal itu rencana para investor tersebut, Pj. Sekda Sumedang Tuti Ruswati merespon positif. Dia berharap hal itu akan turut mengembangkan pariwisata di Kabupaten Sumedang.

“Selain atraksi, amenitas dan aksesibilitas merupakan tiga aspek penting dalam upaya pengembangan pariwisata. Pemda memberikan support dan siap membantu,” ujar Tuti Ruswati di Ruang Rapat Sekda, Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Rabu (19/6/2024).

Dari sisi aksesibilitas, baik penanganan jalan dan PJU, lanjut Tuti, Pemda akan segera memfasilitasi sebagai kewajiban dalam upaya mendorong sektor pariwisata dan menumbuhkan perekonomian di Kabupaten Sumedang.

“Jangka pendek kita lakukan penanganan jalan melalui URC (unit reaksi cepat). Untuk Jangka menengahnya, kita akan masukkan ke dokumen RKPD 2025. Nanti sesuai kemampuan kita lihat titik rawannya, termasuk PJU. Sedangkan untuk jangka panjangnya kita akan ajukan ke provinsi dan pusat untuk PJU,” ungkapnya.

Erwan Setiawan sebagai salah satu investor yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Sumedang mengatakan, Kawasan Wisata Toga tepat berada di jantung kota Sumedang sehingga dinilai strategis untuk dikembangkan supaya bisa mendorong terhadap sektor pariwisata.

“Targetnya bulan Juni tahun depan progres pembebasan lahannya bisa capai 100 persen. Jumlah Investasi kurang lebih Rp. 100 miliar,” ungkap Erwan.

Ia pun meminta dukungan dari Pemda mengenai perbaikan infrastruktur jalan dan Penerangan Jalan Umum (PJU) menuju lokasi .

“Saat ini kondisi jalanan menuju Toga sempit dan tanjakannya curam, ditambah ada beberapa yang rusak. Serta kurangnya PJU bisa benahi agar ini tidak membahayakan para pengguna jalan,” ujarnya. ***