Home / Tulisan Kang Surahman

Sabtu, 24 April 2010 - 03:19 WIB

BISAKAH MASYARAKAT SUMEDANG BIKIN LISTRIK SENDIRI ?

Ir.H.Surahman,M.Tech,M.Eng,MBA

IR.H.SURAHMAN,M.TECH,M.ENG,MBA: Ir.H.Surahman,M.Tech,M.Eng,MBA


Ya…, Kenapa tidak….!

Adalah sebuah pertanyaan yang terlontar tatkala sering terjadi pemadaman listrik oleh PLN, akibat beban / kapasitas listrik tidak mencukupi kebutuhan pengguna,

Bila kejadian tersebut hampir semua orang menyalahkan pihak PLN terhadap pelayanannya yang tidak sesuai dengan beban biaya yang dibayar oleh masyarakat, namun jarang sekali yang berpikir bagaimana cara menghasilkan listrik itu ?

Dengan sedikit merubah ‘mind set’  marilah kita berpikir bagaimana mendapatkan listrik dengan murah dan manfaat untuk masyarakat, sehingga tidak terlalu ketergantungan kepada PLN.

Gambar di sebelah ini merupakan ilustrasi dari jawaban tersebut di atas.  Adalah merupakan sebuah rencana Pembangkit Listrik Tenaga Air – Skala Kecil atau sering disebut sebagai Mini / Micro Hydro Power Plant, dengan kapasitas (install capacity) di bawah 10 MW.

Sistem Pembangkit listrik tersebut biasa disebut sebagai run-of-the-river system, karena energy listrik tersebut diperoleh dengan mengalirkan air dari sungai, tanpa harus membuat bendungan, melainkan hanya mengambil air dari intake sugai di bagian hulu.

Air dari intake tersebut selanjutnya ditampung dalam suatu bak air (canal chamber) yang fungsinya sekaligus untuk mengendapkan sediment / lumpur dan pasir yang terbawa air.

Baca Juga  MEKANISME TERJADINYA LONGSOR

Kemudian air dari bak penampungan tersebut dialirkan melalui pipa (penstock) ke rumah pembangkit (powerhouse) untuk menggerakan Turbine dan Generator, sehingga akhirnya akan diperoleh Listrik.

Untuk mendapatkan daya listrik (Power) ditentukan oleh 2 faktor, yaitu Beda Elevasi (H) dan Debit Air (Q) yang dialirkan melaui pipa Penstock.

Cara menghitung daya listrik tsb. secara sederhana dapat dihitung dengan formula sbb:

Sebagai contohnya, marilah kita rencanakan sbb:

 

Yayasan Sumedang Makalangan (YSM) rencananya akan membuat Micro Hydropower Plant, yang pengambilan airnya (intake) diambil dari sungai “Cipeles” (di sekitar Cadas Pangeran), dengan menggunakan Pipa Besi Æ 12 inch = 30 cm , dimana turbine-nya akan diletakan di bagian bawah dengan beda elevasi 50 m, dan kecepatan air dalam pipa tsb direncanakan : 0,50 m/dt.

Dari data tersebut di atas dapat diperoleh hitungan daya listrik (install capacity) sbb:

Sesuai dengan cara perhitungan tersebut di atas, maka akan diperoleh daya listrik sekitar 10 KW, bila masing-masing rumah di sekitar itu diberikan listrik sebesar 250 watt, maka akan cukup untuk penerangan sebanyak 40 rumah.

Baca Juga  BAGAIMANA CARA MENENTUKAN ARAH KIBLAT YANG MUDAH DAN BENAR ?

Ilustrasi perhitungan tersebut, tentunya dapat dikembangkan sesuai dengan rencana dan keadaan lokasinya, sehingga dengan demikian untuk memperoleh listrik dengan sekala besar sekalipun tentunya tidak jauh berbeda dalam cara perhitungannya.

Dari contoh perhitungan tersebut di atas, menurut kami tidak menutup kemungkinan bila Pemerintah Daerah Sumedang mau bekerja sama dengan Investor tentunya dapat membangun Pembangkit Listrik yang lebih besar hingga mencapai 10 MW (cukup untuk beban sebanyak 20 ribu rumah), sehingga dengan demikian nantinya Pemerintah Sumedang akan memiliki PLTA (Mini Hydro), milik Perusahaan Listrik Daerah (PLD-Sumedang).

Hal itu semua tentunya tergantung kepada Pemimpin Daerah, mau / tidaknya mencari Investor tsb. Sehingga dengan demikian Sungai Cipeles tsb. nantinya akan menghasilkan PAD untuk Kab.Sumedang tidak seperti selama ini debit air yang melimpah dibiarkan mubazir begitu saja, padahal itu adalah memiliki Potential Energy yang tinggi.

Semoga hal ini dapat menjadikan renungan untuk Masyarakat Sumedang dan Pemimpinnya…!

Dubai, 22 April 2010

Salam Sono ti Urang Wado.

(Ir.H.Surahman, M.Tech,M.Eng.MBA)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Tulisan Kang Surahman

RAKTANDANG (Gerakan Tatangkalan Sumedang)

Tulisan Kang Surahman

BANTAHAN AL QURAN TERHADAP TEORI PTOLEMEUS DAN COPERNICUS

Tulisan Kang Surahman

Kenapa Orang Dari Tatar Sunda Tidak Ada yang Jadi Presiden?

Tulisan Kang Surahman

SUMEDANG TANDANG – NGARANGRANGAN

Tulisan Kang Surahman

PEMBERDAYAAN “SDM” ASAL SUMEDANG

Tulisan Kang Surahman

APAKAH ZAKAT ITU?

Tulisan Kang Surahman

Penerapan Ekonomi Kerakyatan buat Masyarakat Sumedang

Tulisan Kang Surahman

Memanfaatkan Cimanuk Hulu, Sebagai Pembangkit Listrik