Menu

Mode Gelap

ARSIP · 21 Mei 2010 18:02 WIB ·

Bupati Sumedang Dinanti Warga Ciumpleng

Reporter: Admin | Editor: Admin


 Bupati Sumedang Dinanti Warga Ciumpleng Perbesar

Kunjungan Kerja : Wakil Ketua Komisi C Bagus Nurrochmat Merasa Prihatin Terhadap Kondisi Korban Bencana Cinangsi. Foto:Bonang

Cisitu (SumedangOnline). Bupati Sumedang H Don Murdono, sangat dinanti oleh warga Ciumpleng Desa Cinangsi Kecamatan Cisitu, hal tersebut terungkap dari Dialog Interaktif Komisi A dan C DPRD Kabupaten Sumedang yang meninjau lokasi kejadian Pergerakan Tanah Lambat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Desa beserta aparatnya, BPD Desa Cinangsi, Kapolsek Cisitu, Dinas Sosial Kabupaten Sumedang serta warga masyarakat.

Dalam kata sambutannya Bagus Nurrochmat Wakil Ketua Komisi C, mengemukakan rasa prihatin yang sangat mendalam atas musibah yang terjadi di Desa Cinangsi. Hal senada disampaikan pula Ibu Odah dari Komisi C, Odah mengharapkan warga Cinangsi untuk tetap bersabar menghadapi musibah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Cinangsi Amat Suparmat, memaparkan beberapa kawasan di daerahnya sudah dalam kondisi memprihatinkan, ia menuturkan jalan PNPM yang baru saja diresmikan sudah jebol, bangunan SD Pabuaran yang baru dipugar juga kondisinya sudah amblas hampir sekira 1 meter, dan ditinggalkan penghuninya mengungsi ke SD Nangerang.

Lebih lanjut Amat, menyebutkan bahwa indikasi akan terjadinya pergerakan tanah lambat sudah terasa sejak 16 Februari 2009 Pukul 02.00 WIB, dengan adanya ledakan keras, seperti apa yang terjadi sekarang di Tanjungsari. Pihaknya kemudian memberikan laporan kepada Camat dan Dinas Instansi terkait untuk melakukan survei dan kajian lainnya namun sampai kejadian tanggal 1 Februari 2010 pukul 06.30 saat kejadian luar biasa retakan tanah dan amblasnya beberapa bangunan di lokasi tersebut, team peneliti belum juga ada.

Tinjau Lokasi : Komisi A dan C meninjau lokasi Amblasnya tanah di Dusun Ciumpleng. Foto:Bonang

“Akibat terputusnya beberapa ruas jalan, Perekonomian di Desa Ciumpleng seperti terisolir”Ujar Amat.

Amat mengharapkan pihak Pemerintah Daerah baik Sumedang, Provinsi maupun Pusat dapat segera merelokasi penduduknya ke tempat yang lebih aman.

Menanggapi hal tersebut Komisi C, hari Senin (24/05) mendatang mengundang Kepala Desa dan Panitia Penanganan Bencana Desa Cinangsi ke DPRD Sumedang, mereka selanjutnya akan melakukan roadshow penanganan bencana ke dinas – dinas terkait lainnya.

Sementara itu Cecen Anggota Tim Penanggulangan Desa Cinangsi sangat mengharakan kehadiran Sumedang I, menurutnya sudah hampir empat bulan kejadian pergeseran dan amblasnya tanah di Dusun Ciumpleng Desa Cinangsi, hanya Bupati Sumedang yang belum menyempatkan diri meninjau lokasi kejadian.

“Sampai saat ini masyarakat menunggu sekali kedatangan Sumedang Satu. Sangat menunggu Pak, tapi kengapa bencana sudah empat bulan belum ada hadir, bagaimana langkah – langkah bapak?”Tegasnya, seraya mempertanyakan tindak lanjut anggota Dewan terhadap Sumedang Satu.

Menanggapi harapan masyarakat tersebut para pihak dari DPRD akan segera berkoordinasi dengan Bupati Sumedang, para perwakilan rakyat tersebut berkilah bahwa Bupati Sumedang saat ini sangat sibuk.**(SO1/SO7)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Warga OTD Kembali Berujuk Rasa

26 September 2012 - 12:30 WIB

EVA PURNAMA DEWI WAKILI JABAR KE NASIONAL

1 Oktober 2011 - 08:11 WIB

Proyek Waduk Jatigede Diminta Diwaspadai

29 September 2011 - 16:12 WIB

Eba, Dibangun TPT

26 September 2011 - 20:27 WIB

BPN Sumedang Rayakan HUT Agraria ke 51

23 September 2011 - 18:49 WIB

Bahaya! Kasus Bansos Pemkot Banyak Dipendam Media

22 September 2011 - 15:38 WIB

Trending di ARSIP