Menu

Mode Gelap

ARSIP · 6 Mei 2010 15:18 WIB ·

FLS2N Menggugah Kembali Batik Sumedang

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian

IWAN RAHMAT/SO RESMIKAN RUMAH AMAN SIMPATI ADHYAKSA: Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Nadi Bercerita Banyak Tentang Batik Sumedang

SumedangOnline.com – KAMIS. Bypass–Ciri Batik Sumedang kebanyakan di dominan warna merah, seperti yang dihasilkan oleh Ibu Ina Maryana di Desa Cimatuk Kec. Pamulihan. Hal tesebut dikemukakan oleh Pa Nedi Koordinator Penyelenggara Seni Batik, dalam Gelaran  Festival dan Lomba Seni Siswa SMP Nasional (FLS2N) yang berlangsung hari ini, kamis (06/05) di SMPN 8 Sumedang – Jl. Bypass – Mekarsari  – Kelurahan Situ Sumedang Utara.

Baca Juga  Kepolisian di Sumedang Intensipkan Keamanan

Meskipun menurutnya masih ada sedikit campuran dari Cirebonan, seperti motif mega mendung.

“Tetapi ada sedikit Campuran  dari Cirebonan dimana di Motif Cadaspangeran itu ada semacam motif mega mendung, itukan ciri khas batik Cirebonan”Ujar Nedi.

Nedi pun menuturkan akibat bersaing ketatnya dengan produksi batik tekstil, akhirnya batik sumedangan yang menggunakan teknologi sederhana itu harus gulung tikar, itu terjadi sekira tahun 2004, dan sampai tahun 2010 ini belum ada lagi generasi batik sumedangan.

Baca Juga  Pemda Sumedang Siap Lelang Kendaraan Dinas

Seperti harapan, Rizki Marlina salahsatu Siswa Dari SMPN1 Darmaraja yang mengharapkan dari diadakannya Festival dan Lomba Seni Siswa SMP Nasional tersebut, semoga berbagai seni dan budaya yang ada di Sumedang dapat mendunia, termasuk batik sumedang, diantaranya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Warga OTD Kembali Berujuk Rasa

26 September 2012 - 12:30 WIB

EVA PURNAMA DEWI WAKILI JABAR KE NASIONAL

1 Oktober 2011 - 08:11 WIB

Proyek Waduk Jatigede Diminta Diwaspadai

29 September 2011 - 16:12 WIB

Eba, Dibangun TPT

26 September 2011 - 20:27 WIB

BPN Sumedang Rayakan HUT Agraria ke 51

23 September 2011 - 18:49 WIB

Bahaya! Kasus Bansos Pemkot Banyak Dipendam Media

22 September 2011 - 15:38 WIB

Trending di ARSIP