Home / ARSIP

Minggu, 2 Mei 2010 - 20:07 WIB

Sumedang Akan Bentuk Dewan Kebudayaan Sampai Pelosok Desa



Muhammad Arisandi Ketua Akselerasi SPBS

Sumedangonline – MINGGU. KOTA–Dalam rangka melestarikan dan menggali nilai – nilai budaya khususnya nilai – nilai seni budaya Sunda di Sumedang. Team Akselerasi Sumedang Puseur Budaya Sunda (SPBS) mengadakan event awal bertajuk Lawung Budaya Sumedang Puseur Budaya Sunda, yang berisi Sumedang Unique Festival, Kaulinan Barudak Lembur dan Pentas Seni Budaya berlangsung mulai tanggal 1 Mei 2010 dan Berakhir tanggal 02 Mei 2010, bertempat di Gedung Negara Kabupaten Sumedang dan Alun – Alun Kabupaten Sumedang.

Ketua Panitia Akselerasi SPBS Muhammad Arisandi ditemui SumedangOnline ditengah – tengah menyaksikan pagelaran Seni Budaya, menyebutkan bahwa antusias warga Sumedang untuk mendukung event tersebut sangat besar, terbukti dengan berjubelnya penoton untuk menyaksikan event yang merupakan gebragan awal Pemerintah Daerah Sumedang dalam mendukung Sumedang Puseur Budaya Sunda tersebut.

Baca Juga  FESTIVAL PERMAINAN TRADISIONAL

“Yang luar biasa yaitu keinginan dari masyarakat dengan dana yang serba terbatas tetapi ternyata ada sebuah hal yang sangat mahal ternyata dalam diri mereka ada ruh yaitu spiritualism”Ungkap Muhammad bangga.

Lebih Lanjut Muhammad juga mengungkapkan bahwa Seni dan Budaya yang ditampilkan tidak hanya merupakan hiburan biasa yang hanya menjadi sebuah tontonan tetapi juga harus menjadikan sebuah tuntunan, sebagai jati diri Sumedang.

Baca Juga  Bapak Fatah 111 Tahun Orang Tertua di Sumedang

“Ending Kita adalah Edukatif, selama ini para pemuda tidak tahu budaya sendiri. Padahal Sumedang sangat kaya.”ujarnya.

Tindak Lanjut Lawung Budaya

Sebagai bentuk tindak lanjut dari pagaleran yang sudah digelar oleh tim Akselerasi SPBS ini. Maka kedepannya Sumedang akan memiliki sebuah event – event kebudayaan samapai ketingkat pelosok pedesaan. Dan Sesuai dengan Peraturan Bupati Sumedang No. 113 Tentang Team Akselerasi, maka nantinya di Tingkat Kecamatan dan Desa akan ada Dewan Kebudayaan dan akan dibentuknya Satuan Tugas.

“Apabila Pemerintah Daerah, Provinsi maupun Pusat memerlukan tradisi – tradisi apa, dimasyarakat sudah siap”Harapanya.(SO1/Guns)**

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

ARSIP

Hati-Hati melintasi Cadas Pangeran

ARSIP

Komunitas Vespa Tepis Tanggapan Negatif

ARSIP

Gubernur JABAR Nonton Persib

ARSIP

PENJELASAN ATAS UU-RI NO. 32 TH 2004

ARSIP

Festival di Pacuan Kurang Peserta

ARSIP

Demo LSM GMBI

ARSIP

DISPERINDAG BERI PENDAMPING PETANI NILAM

ARSIP

Jimat dipanggil Sang Khalik