Menu

Mode Gelap

ARSIP · 22 Jul 2010 12:41 WIB ·

Optimis Seni Tradisi Bangkit

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

IWAN RAHMAT/SO TABRAKAN: Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Bantuan Gubernur:aktifitas pembuat alat musik kendang di sanggar Gema Binangkit Sumedang,Sanggar ini mendapat bantuan dari Gubernur Jabar sebesar Rp.200 Juta.

Sumedang Online-Begitu gencarnya minat masyarakat Sumedang terhadap seni budaya,mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jawa Barat,Ahmad Heriawan.Apresaiasi ini berbentuk uang.Bantuan ini diberikan kepada 15 sanggar yang ada di 15 Kabupaten di Jawa Barat.Untuk Kabupaten Sumedang sendiri bantuan diterima oleh sanggar seni Gema Binangkit yang berlokasi di Tarikolot Kecamatan Jatinunggal.

Terpilihnya Forum kesenian Jatinunggal sebagai penerima bantuan memang hal yang wajar,karena Jatinunggal memiliki potensi dan kepedulian yang tinggi terhadap seni dan budaya,serta elemen-elemen seni masih terbina di daerah ini.Forum kesenian Jatinunggal ini juga yang membidani lahirnya dari sanggar Gema Binangkit Sumedang.

Baca Juga  Festival di Pacuan Kurang Peserta

Sejumlah prestasi dan apresaiasi banyak di raih oleh sederet seniman dan budayawan Jatinunggal,diantaranya Juara II di event Kemilau Nusantara yang di gelar di Bandung pada tahun 2009,serta peforma terbaik dalam rangka seren taun Sumedang tahun 2010.

Menyikapi bantuan Gubernur tersebut M.Juyaman (46),Ketua Sanggar Gema Binangkit,merasa bangga dan di akui,betapa masih pedulinya pemerintah terhadap seni dan budaya.terutama seni dan budaya tradisi sunda yang hampir hilang eksistensinya.

Dia juga menuturkan bahwa bantuan itu akan bisa mewujudkan terbinannya potensi-potensi seni budaya dan menghidupkan kembali beberapa kesenian yang hampir punah,seperti Beluk,Reak,Dog-dog,Wayang dan sebagainya.

Baca Juga  Lomba Pidato Basa Sunda SLTA

“Tujuan kami adalah membangkitkan seni tradisi yang sudah di tinggalkan masyarakat,membuat masyarakat mencintai kembali seni leluhurnya,dan aktif membantu pemerintah dalam rangka mewujudkan program Sumedang Puser Budaya Sunda(SPBS)”,ujarnya saat ditemui Sumedangonline di sanggarnya (21/07).

Selama ini bantuan yang di terima sebesar 200 Juta sudah di alokasikan untuk,bangunan fisik sebesar Rp 125 Juta,alat penunjang kesenian sebesar 30 Juta,berupa perangkat gamelan salendro serta pembuatan gambar oleh tim Arsitek Jabar sebesar Rp.25 Juta..

Juyaman optimis kedepannya seni budaya tradisi sunda akan bangkit dengan begitu besarnya perhatian dari pemerintah.Dia menyebutkan selama ini pemerintah tanggap terhadap para seniman,umumnya di wilayah Sumedang,khususnya di Jatinunggal sendiri.Bonang

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Warga OTD Kembali Berujuk Rasa

26 September 2012 - 12:30 WIB

EVA PURNAMA DEWI WAKILI JABAR KE NASIONAL

1 Oktober 2011 - 08:11 WIB

Proyek Waduk Jatigede Diminta Diwaspadai

29 September 2011 - 16:12 WIB

Eba, Dibangun TPT

26 September 2011 - 20:27 WIB

BPN Sumedang Rayakan HUT Agraria ke 51

23 September 2011 - 18:49 WIB

Bahaya! Kasus Bansos Pemkot Banyak Dipendam Media

22 September 2011 - 15:38 WIB

Trending di ARSIP