Akhirnya Tim Katak Brimob temukan gorong gorong Cibawang

SUMEDANG – Banjir yang menenggelamkan hektaran sawah dan satubuah penggilingan padi di Dusun Cibawang Desa Siranasarirasa Kecamatan Rancakalong hingga saat ini belum surut. Padahal sebelumnya pemerintah kabupaten Sumedang dan Satker Jatigede memperkirakan penanganan banjir tersebut akan selesai kurang dari sepekan.

Untuk mempercepat proses penyurutan air yang tergenang akibat gorong gorong yang tersumbat disposal Jalan Tol Cisumdawu, pihak kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat langsung mengontak Brimob Polda Jabar, untuk menurunkan tim penyelam mereka ke lokasi kejadian.

Bukan karena adanya musibah orang tenggelam, namun dua orang pasukan elit kepolisian itu untuk mencari keberadaan gorong gorong. Usaha keras pihak kepolisian membuahkan hasil, mereka akhirnya menemukan lubang hulu air.

APK Nurdin selaku Pasi Ops Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Jabar membenarkan terkait sudah ditemukannya lubang gorong gorong. Menurut dia penyebab dari bergesernya gorong gorong itu akibat dari geseran tanah akibat longsor. “Hingga gorong gorong bergeser dan berakibat menyumbat ke air,” ungkapnya.

Diterjunkannya tim khusus lantaran kedalaman genangan mencampai 7-8 meter. “Langkah berikutnya setelah ketemu lobang gorong gorong, akan ditutup. Namun kami kesulitan untuk menutup lobang gorong gorong tersebut, pertama faktor lumpur. Kedua karena air, air itu sangat sangat keruh. Sehingga klo menggunakan diving itung sangat sulit menemukannya. Langkah berikutnya akan dibongkar, kira kira 10 meter dari hulu, dan dihilir akan diperbaiki sehingga air akan mengalir secara pelan pelan. Karena kalau dibuka sekaligus akan mengakibatkan air bah buat masyarakat,” terangnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK