Home / BISNIS / Pilihan Redaksi

Jumat, 27 April 2018 - 11:05 WIB

Indowisata Hotel School, Cetak SDM Khusus Kapal Pesiar

Indowisata Hotel School, Cetak SDM Khusus Kapal Pesiar

ISTIMEWA INDOWISATA HOTEL SCHOOL, CETAK SDM KHUSUS KAPAL PESIAR: Indowisata Hotel School, Cetak SDM Khusus Kapal Pesiar


SUMEDANG – Potensi wisata di Jawa Barat terus mengalami perkembangan. Tentunya hal ini menjadi perhatian khusus. Untuk itu peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu faktor penting.

Di Sumedang sudah ada lembaga yang mampu mencetak SDM Pariwisata yang mumpuni yakni Indowisata Hotel School yang berdiri sejak awal tahun 2017 ini dan bertempat di Jalan Raya Cimuja, Kecamatan Cimalaka telah mencetak alumni pelatihan berstandar internasional.

CEO Indowisata Hotel School, Acep Hidayat Komarudin, Indowisata Hotel School bahkan langsung menyalurkan lulusannya langsung bekerja di kapal pesiar seperti Royal Caribbean, Windstar, Carnival dan beberapa kapal pesiar ternama.

Baca Juga  Di Pangandaran Eka Puji Kinerja RSUD Sumedang

“Kami mencetak SDM yang dikhususkan untuk perhotelan dan resto di Kapal Pesiar. Karena untuk memenuhi kebutuhan pekerja di sektor pariwisata Kapal Pesiar sendiri terus bertambah seiring dengan menggeliatnya bisnis pariwisata dunia,” ujarnya dalam siaran pers diterima redaksi.

Pria yang sudah 17 tahun berpengalaman bekerja di Kapal Pesiar ini mengatakan, dengan membuat lembaga khusus pendidikan kru Kapal Pesiar, sebagai langkah menangkap peluang kebutuhan tenaga kerja. Namun, Acep menegaskan, harus didukung dengan SDM yang memadai.

“Kebutuhan SDM tersebut masih sangat besar sehingga mendorong kami untuk mengembangkan sekolah khusus Kapal Pesiar ini,” katanya.

Dikatakan Acep yang sudah pernah menjabat Hotel Manager di salah satu Kapal Pesiar ini, peningkatan SDM akan memberikan peluang bagi masyarakat lokal untuk terlibat dalam aktivitas pariwisata di Daerah bahkan Dunia secara umum.

Baca Juga  Gagal Seleksi Calon Kades, Warga Geruduk Panitia Pilkades

“Dalam jangka panjang bisa memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, pendidikan menjadi krusial dikembangkan agar masyarakat Sumedang tidak sekadar jadi penonton,” lanjutnya.

Untuk itu, lanjutnya, kehadiran sekolah perhotelan Sumedang harus didukung secara penuh sehingga semakin banyak siswa yang bisa belajar berbagai hal untuk mendukung pariwisata.

“Kami juga sedang merintis sekolah ini menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata, prosesnya sedang kami tempuh saat ini, mudah-mudahan segera terwujud,” ungkapnya. *** rls

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Yayasan Buddha Tzu-Chi Indonesia, sumbang pengungsi Sumedang

Pilihan Redaksi

Warga Jatigede Ini Tertipu Modus Telepon, Rp 600 ribu Raib

Nasional

Kapolda Jabar Gelar Silaturahmi dengan Tokoh Agama

Pilihan Redaksi

Jelang Nataru dan Libur Sekolah, Ini Kondisi Arus Lalin di Jatinangor

Pilihan Redaksi

Ada kaitan dengan leluhur Sumedang, Margawati bakal dijadikan kampung adat

Pilihan Redaksi

Anggota DPRD Sumedang Temukan Hand Sanitizer Not for Sale Dijual Bebas

Pilihan Redaksi

Batasan Mahar dan Cost Politik, Ini Penjelasan KPU Sumedang

PENDIDIKAN

Tingkatkan Mutu Pendidikan, SDN Karapyak I Sumedang Gelar SPMI Tahap 2