Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Selasa, 24 Juli 2018 - 11:28 WIB

Delapan Kades Nyaleg di DPRD Sumedang Kudu Berhenti dari Jabatan

Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumedang H. Nuryadin

DELAPAN KADES NYALEG DI DPRD SUMEDANG KUDU BERHENTI DARI JABATAN: Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumedang H. Nuryadin


SUMEDANGONLINE, KOTA – Sebanyak Delapan kepala desa yang ada di Enam Kecamatan di Kabupaten Sumedang harus mengundurkan diri, karena mereka turut serta menjadi Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPRD Sumedang.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumedang H. Nuryadin, membenarkan terkait adanya delapan kepala desa yang masih aktif dalam pemerintahan iktu menjadi Bacaleg DPRD Sumedang.

“Ada beberapa kepala desa yang hari ini ikut nyaleg, malah sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Sementara yang dirilis oleh KPU. Sudah ada 8 Desa yang mengajukan pengunduran diri ke kita. Bahwa itu jelas dalam PKPU yang terbaru tahun 2018 ini, bahwa diantaranya kepala desa yang masih aktif itu harus mengundurkan diri. Dan pengunduran diri itu tidak bisa dicabut kembali,” ungkap Nuryadin.

Baca Juga  Tak Bermasker, Pengunjung Dilarang Masuk Tahura Gunung Kunci Sumedang

Proses pengunduran diri tersebut memang melalui proses panjang mulai dari pengajuan ke BPD di desanya masing masing kemudian berlanjut ke camat. “Dari camat baru ke kita ke PMD untuk proses SK Pemberhentiannya, dan itu mutlak harus mengundurkan diri dan tidak bisa dicabut kembali. Jadi kepala desa kalau sudah mendaftar (mengundurkan diri), kalau berhasil yang langsung jadi legislative, tapi kalau dia gagal tidak bisa balik lagi. Harus mengundurkan diri. Kecuali kalau ada gugatan ke MK, tapi sampai saat ini aturannya masih begitu,” tandasnya. *** IWAN

Baca Juga  Siapkan 2.026 Saksi, Doni: Jangan Coba coba Berbuat Curang
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

FEATURE & OPINI

Warning untuk Para Caleg 2019, Refleksi Hasil Pilkada 2018
Gerakan Kampanye Disiplin Pakai Masker Kabupaten Sumedang.

Pilihan Redaksi

Hari Ibu, Dinkes Sumedang Gencar Kampanye Disiplin Pakai Masker
Petugas di cek poin Sumedang-Indramayu melakukan pemeriksaan secara ketat pada para pengendara yang akan masuk ke Sumedang pada saat pelaksanaan PSBB Bandung Raya.

Pilihan Redaksi

Kendaraan Selain Pelat Z Dilarang Masuk ke Sumedang, Kecuali

PENDIDIKAN

MKKS Wilayah 3 Sumedang Ingin Adopsi Prestasi Kepala Sekolah Juara Nasional

Pilihan Redaksi

Jembatan Gunasari Diresmikan, Pelajar Tak Lagi Melintas Sungai
Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir meninjau langsung perajin face shield di Dusun/Desa Rancamulya, Kecamatan Sumedang Utara. Usaha Mikro Kecil Menangah (UMK) yang dikelola Nina Ariani itu telah berhasil beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid dan berhasil membaca dan menangkap peluang. Sehingga pemasaran produk Face shield nya mampu menembus pasar luar daerah.

BISNIS

Face Shield Ariani Produksi Sumedang Mampu Tembus Pasar Solo

SUMEDANG

Nawacita Terwujud Jika Falsafah Pancasila Diaplikasikan

Pilihan Redaksi

14 Calon Kades di Ujungjaya Sepakat Siap Menang, Siap Kalah