Menu

Mode Gelap

BISNIS · 29 Jan 2020 16:19 WIB ·

Buruh Sumedang, Tolak Omnibus Law RUU Cipta Lapangan Kerja

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

BURUH:

SUMEDANG.ONLINE, DPRD SUMEDANG (29/1/2020) – Aliansi Buruh Sumedang Menggugat (ABSM) memberikan apresiasi terhadap kebijakan pemerintah untuk memudahkan masuknya investasi dalam rangka menyiptakan perluasan kesempatan kerja bagi rakyat Indonesia. Meski demikian, bukan berarti kemudahan itu dilakukan dengan cara menghilangkan hak-hak konstitusional rakyat Indonesia yang dijamin oleh UUD 1945.

“Maksud daripada kedatangan kami hari ini adalah menyampaikan aspirasi, yang kaitannya apa yang menjadi kerisauan kami terkait dengan program pemerintah adanya Ombibus Lau Cipta Lapangan Kerja. Jelas, berdasarkan berita berita yang beredar saat ini, RUU Omnibus Law ini prinsipnya sangat merugikan buat kita,” kata Guruh Hudianto selaku Ketua ABSM pada SUMEDANG ONLINE.

Baca Juga  IPDN Berikan Gelar Doktor HC ke Megawati

Dikatakan dia, berdasarkan materi Omnibus Law RUU Cipta Lapangan Kerja yang dikeluarkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI Tertanggal 17 Januari 2020, dimaksudkan untuk mengubah pasal di dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, seperti ketentuan Upah Minimum, Outsourcing yang diperluas untuk jenis pekerjaan apa pun. Termasuk sebutnya Tenaga Kerja Asing unskill dipermudah, pesangon dikurangi, PKH menjadi mudah dan jam kerja menjadi fleksibel yang menjadi kontradiktif/dualisme terhadap sistem kerja 40 jam seminggu dan hilangnya sangksi pidana bagi pengusahanyang melakukan tindakan pelanggaran atau kejahatan.

Baca Juga  Ini Lima Langkah Utama Peningkatan PAD Sumedang

“Itu semua kami menilai sangat merugikan sekali bagi kami sebagai buruh, nah ini juga apa yang ada di dalamnya yang menjadikan isu itu. Jadi mendegradasi kebijakan-kebijakan apa yang selama ini sudah ada. UU 13 sudah beberapa kali dihantam untuk apa, untuk direvisi. Itu selalu mendapatkan penolakkan keras dari kami. Ini mungkin akal-akalan dari pemerintah dengan modus omibus law ini untuk merevisi itu,” paparnya. ***IWAN RAHMAT***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Sertipikatkan Tanah Melalui Program Sertipikasi HAT Mandiri Lintas Sektor UMKM, Pemohon Mengaku Tak Persoalkan Biaya

31 Oktober 2021 - 15:29 WIB

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir saat memberikan sambutan saat penyerahan 500 sertipikat tanah yang dibagikan pada para pelakum UMKM di Kabupaten Sumedang, di Gedung Negara, beberapa waktu lalu.

Sumedang Gelar UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas

28 Oktober 2021 - 03:45 WIB

Pemerintah Kabupaten Sumedang bersama Yayasan Masyarakat Indonesia Emas dan Kementerian Koperasi UKM menggelar UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas di Ruang Tampomas IPP Sumedang. Rabu, 27 Oktober 2021

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.

Sumedang Gelar Pilkades Ditengah Pandemi Covid-19, Wabup Sumedang: Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tidak Terjadi Cluster Baru

25 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan mengingatkan berbagai pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021, 27 Oktober 2021 saat Apel Kesiapan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Sumedang. Senin, 25 Oktober 2021.

750 Personel Polisi Siap Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang

25 Oktober 2021 - 14:01 WIB

Dari sebanyak 1.200 personel dari Polres Sumedang, 750 diantaranya bakal dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades serentak) di Kabupaten Sumedang pada 27 Oktober 2021.

Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

21 Oktober 2021 - 17:40 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.
Trending di Pilihan Redaksi