Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Senin, 25 Mei 2020 - 18:26 WIB

Mau Balik ke Jakarta, Warga Sumedang Harus Buat Surat Izin Keluar Masuk

Herman selaku Kepala Bidang Pengawasan Pengendalian Lalu Lintas dan Parkir Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang.

HERMAN SELAKU KEPALA BIDANG PENGAWASAN PENGENDALIAN LALU LINTAS DAN PARKIR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SUMEDANG. HERMAN SELAKU KEPALA BIDANG PENGAWASAN PENGENDALIAN LALU LINTAS DAN PARKIR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SUMEDANG.: Herman selaku Kepala Bidang Pengawasan Pengendalian Lalu Lintas dan Parkir Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang.


SUMEDANG – Bagi Pengusaha Tenaga Kerja Asing ataupun Warga Sumedang yang hendak Pergi Keluar/Masuk Jakarta, diharuskan membuat Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Hal itu sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19).

“Jadi bagi warga Sumedang yang akan ke Jakarta harus mendaftarkan diri ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu DKI Jakarta untuk membuat Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) pada Pasal 7. Untuk mendapatkan SIKM bisa melalui situs resmi Covid-19 DKI Jakarta yakni, corona.Jakarta.go.id,” ujar Herman selaku Kepala Bidang Pengawasan Pengendalian Lalu Lintas dan Parkir Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang.

Baca Juga  Politisi Santun, akankah jadi pilihan?

Karena itu lanjut dia, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan SIKM tersebut, yakni bagi yang memiliki KTP-el DKI Jakarta atau Kartu Keluarga DKI Jakarta tetapi berdomisili di luar Jabodetabek.

“Baik itu orang asing yang memiliki KTP-el/izin tinggal tetap, harus mempunyai surat pernyataan sehat bermeterai,” tandasnya.

Sementara bagi warga dengan KTP non-Jakarta bisa memiliki SIKM dengan mengikuti persyaratan, yakni harus memiliki surat keterangan dari kelurahan/desa tempat asal perjalanan yang menerangkan maksud dan tujuan datang ke Jakarta juga surat pernyataan sehat bermeterai.

Baca Juga  Jumlah Dukungan Memenuhi Syarat ZA-Akur, Tertinggi

“Selanjutnya wajib memiliki surat jaminan bermeterai dari keluarga yang berada di Jakarta yang diketahui oleh ketua RT setempat atau surat jaminan bermeterai dari perusahaan yang berada di Jakarta,” tegasnya.

Bagi pemohon yang melakukan perjalanan dinas agar melampirkan surat keterangan dari tempat kerja yang berada di Jakarta. “Juga bagi pemohon yang karena alasan  darurat melakukan kegiatan ke Jakarta melampirkan surat keterangan domisili tempat tinggal dari kelurahan di Jakarta,” pungkasnya. *IWAN RAHMAT*

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

DAERAH

Waspada, mobil Raib saat tunggu lahiran bayi
Rapat Koordinasi Penertiban Keramba Jaring Apung dan Jaring Tancap di Bendungan Jatigede, bertempat diruang tengah Gedung Negara. Rabu, (25/11/2020).

Pilihan Redaksi

Tak Ingin Jatigede Tercemar Alasan Pemerintah Akan Tertibkan Keramba Jaring Apung

Pilihan Redaksi

Polres Sumedang Gelar HUT ke-72 Bhayangkara di Yonif 301/PKS
Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sumedang terkait dengan penyediaan APD untuk para tenaga medis di kabupaten Sumedang, Kamis (2/04/2020).

SUMEDANG

Ini Penanganan Dampak Sosial Ekonomi Tingkat Desa di Kabupaten Sumedang
GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan kamil saat mengunjungi PT. Bio Farma yang dapat memproduksi reagen untuk pemeriksaan COVID-19 dengan metode Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Jumat, 24 April 2020.

Nasional

Test Covid, Gubernur Jabar: Tak Akan Gunakan Lagi Rapidtest

SUMEDANG

Presiden Anugerahi Aher sebagai Pembina Ketahanan Pangan
Kapolres Sumedang, AKBP Dwi Indra Laksmana saat menyematkan ban lengan dan handbook dalam ragka pengamanan penerapan Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) dalam penanggulangan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Sumedang. Selasa, 2 Juni 2020.

SUMEDANG

120 Personel Polres Sumedang Diberi Ban Lengan Tanda Tugas Pengamanan AKB

BISNIS

Ini Besaran UMK Tahun 2021 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, Sumedang Rp3.241.929,67