Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 25 Mei 2020 18:26 WIB ·

Mau Balik ke Jakarta, Warga Sumedang Harus Buat Surat Izin Keluar Masuk

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Herman selaku Kepala Bidang Pengawasan Pengendalian Lalu Lintas dan Parkir Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang.

HERMAN SELAKU KEPALA BIDANG PENGAWASAN PENGENDALIAN LALU LINTAS DAN PARKIR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SUMEDANG. HERMAN SELAKU KEPALA BIDANG PENGAWASAN PENGENDALIAN LALU LINTAS DAN PARKIR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SUMEDANG.: Herman selaku Kepala Bidang Pengawasan Pengendalian Lalu Lintas dan Parkir Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang.

SUMEDANG – Bagi Pengusaha Tenaga Kerja Asing ataupun Warga Sumedang yang hendak Pergi Keluar/Masuk Jakarta, diharuskan membuat Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Hal itu sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19).

“Jadi bagi warga Sumedang yang akan ke Jakarta harus mendaftarkan diri ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu DKI Jakarta untuk membuat Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) pada Pasal 7. Untuk mendapatkan SIKM bisa melalui situs resmi Covid-19 DKI Jakarta yakni, corona.Jakarta.go.id,” ujar Herman selaku Kepala Bidang Pengawasan Pengendalian Lalu Lintas dan Parkir Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang.

Baca Juga  Peringati HUT ke-75 TNI, Dandim 0610/Sumedang: Sinergitas untuk Negeri

Karena itu lanjut dia, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan SIKM tersebut, yakni bagi yang memiliki KTP-el DKI Jakarta atau Kartu Keluarga DKI Jakarta tetapi berdomisili di luar Jabodetabek.

“Baik itu orang asing yang memiliki KTP-el/izin tinggal tetap, harus mempunyai surat pernyataan sehat bermeterai,” tandasnya.

Sementara bagi warga dengan KTP non-Jakarta bisa memiliki SIKM dengan mengikuti persyaratan, yakni harus memiliki surat keterangan dari kelurahan/desa tempat asal perjalanan yang menerangkan maksud dan tujuan datang ke Jakarta juga surat pernyataan sehat bermeterai.

Baca Juga  Bupati Sumedang Sampaikan Rencana Pembangunan Jalan Rancakalong

“Selanjutnya wajib memiliki surat jaminan bermeterai dari keluarga yang berada di Jakarta yang diketahui oleh ketua RT setempat atau surat jaminan bermeterai dari perusahaan yang berada di Jakarta,” tegasnya.

Bagi pemohon yang melakukan perjalanan dinas agar melampirkan surat keterangan dari tempat kerja yang berada di Jakarta. “Juga bagi pemohon yang karena alasan  darurat melakukan kegiatan ke Jakarta melampirkan surat keterangan domisili tempat tinggal dari kelurahan di Jakarta,” pungkasnya. *IWAN RAHMAT*

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)

Tanpa Biaya Miliaran, Kompepar Golempang Bangun Landasan Pacu Paralayang

18 Januari 2022 - 01:19 WIB

Alat berat yang digunakan untuk meratakan kawasan pacu paralayang di Puncak Gunung Golempang, Desa Darmaraja, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang.

Pemda Sumedang Bantu Kelompok Tani di Desa Rancakalong

11 Januari 2022 - 19:03 WIB

Kelompok Pemuda Tani Putra Mandiri dan Kelompok Wanita Tani Hanjuang Bungur Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang mendapat bantuan sarana produksi pertandi dari Pemerintah Kabupaten Sumedang. Sealsa, 11 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG