Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 26 Mei 2020 20:51 WIB ·

Suami Pulang Merantau Malah Bingung Balik, IRT di Cigobang Berharap Kehidupan Kembali Normal

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Sejumlah ibu rumah tangga di RT 003/004 Dusun Cigobang, Desa Cikondang, Kecamatan Ganeas mengaku kebingungan pasca suaminya pulang merantau. Alasannya kini para suami mereka tak bisa berangkat ke tempat mereka bekerja, karena alasan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

SEJUMLAH IBU RUMAH TANGGA DI RT 003/004 DUSUN CIGOBANG, DESA CIKONDANG, KECAMATAN GANEAS MENGAKU KEBINGUNGAN PASCA SUAMINYA PULANG MERANTAU. ALASANNYA KINI PARA SUAMI MEREKA TAK BISA BERANGKAT KE TEMPAT MEREKA BEKERJA, KARENA ALASAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB). SEJUMLAH IBU RUMAH TANGGA DI RT 003/004 DUSUN CIGOBANG, DESA CIKONDANG, KECAMATAN GANEAS MENGAKU KEBINGUNGAN PASCA SUAMINYA PULANG MERANTAU. ALASANNYA KINI PARA SUAMI MEREKA TAK BISA BERANGKAT KE TEMPAT MEREKA BEKERJA, KARENA ALASAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB).: Sejumlah ibu rumah tangga di RT 003/004 Dusun Cigobang, Desa Cikondang, Kecamatan Ganeas mengaku kebingungan pasca suaminya pulang merantau. Alasannya kini para suami mereka tak bisa berangkat ke tempat mereka bekerja, karena alasan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

SUMEDANG – Sejumlah ibu rumah tangga di RT 003/004 Dusun Cigobang, Desa Cikondang, Kecamatan Ganeas mengaku kebingungan pasca suaminya pulang merantau. Alasannya kini para suami mereka tak bisa berangkat ke tempat mereka bekerja, karena alasan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Banyak para suami di sini yang hampir semuanya merantau. Ada yang merantau di Lubuk Linggau, Riau, Jambi, sebagian besar bekerja di rantau,” ujar Sopiah.

Hal sama disampaikan Eem, yang mengaku suaminya bekerja di pabrik tahu di Surabaya. Rencananya suaminya yang sudah tiga bulan berada di Kampung Halaman akan kembali ke tempat kerjanya namun mendapatkan informasi jika mereka harus mengurus berbagai persyaratan agar dapat lolos dari pemeriksaan.

Baca Juga  Bupati Sumedang Serahkan Akta Kelahiran di RSU Sumedang

Mangkaning ayeuna ge bade angkat ge, tong waka angkat da sesah diperjalanna, nya rek kumaha. Pan barangtuang mah kedah. Tos ampir tilu sasih,” ujar Eem.

Saat ini para suami mereka untuk mengisi kekosongan memilih untuk bertani, itu pun jika ada yang menyuruh. Jika tidak, para suami mereka pun menganggur. “Mangkaning gaduh murangkalih sakola biayaaneun,” imbuh Sopiah lagi,

Baca Juga  PN Sumedang Gelar Sidang Perdana, Berandal Motor

Mereka berharap wabah pandemi Coronavirus Disease segera menghilang, agar kehidupan mereka kembali normal. Karena jika terus mengandalkan bantuan dari pemerintah mereka pun mengaku tak mungkin terus berpangku tangan. “Pami dipasihan wae ku nagara oge, karunya deuih. Mending ge panyawat geura teu aya, usaha sing lancar deui kumaha we jalanna,” pungkas dia. *IWAN RAHMAT*

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.
Trending di SUMEDANG