Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 27 Jan 2021 22:09 WIB ·

50 Peserta Jalani Tes Usap Antigen Sebelum Ikut Pelatihan Membatik

Reporter: Fitriyani Gunawan | Editor: Fitriyani Gunawan


 Para peserta pelatihan membatik yang diselenggarakan Masyarakat Adat Darmaraja bekerjasama dengan Balai Diklat Industri Jakarta Kementerian Perindustrian RI saat melakukan pendaftaran untuk dites usap antigen. Perbesar

sumedangonline/hadi barkah/SUMEDANG ONLINE
Para peserta pelatihan membatik yang diselenggarakan Masyarakat Adat Darmaraja bekerjasama dengan Balai Diklat Industri Jakarta Kementerian Perindustrian RI saat melakukan pendaftaran untuk dites usap antigen.

DARMARAJA – Sebanyak 50 peserta menjalani tes usap antigen. Sebelum mereka mengikuti pelatihan membatik yang diselenggarakan Balai Diklat Industri (BDI) Jakarta pada Kementerian Perindustrian RI bekerjasama dengan Masyarakat Adat Darmaraja (Madara) di Pesona JG, Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Rabu, 27 Januari 2021.

Menurut Ketua panitia pelaksana, Trisna Hendrayatna, tes usap sengaja dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 diantara para peserta pelatihan. Sehingga pihaknya sangat berhati-hati.

“Begitu pun pada saat pelaksanaan para peserta tetap melaksanakan protocol kesehatan dengan tetap memakai masker, dan menjaga jarak. Kegiatan ini diinisiasi Madara dan Apdesi, kita kerjasama dengan Balai Diklat Industri (BDI) Jakarata Kementerian Perindustrian RI,” ucap Trisna di Pesona JG. Rabu, 27 Januari 2021.

Rencananya kegiatan tersebut akan berlangsung hingga 17 Februari 2021 dengan format dari 50 peserta itu dibagi ke dalam 5 kelompok sehingga masing-masing kelompok berjumlah 10 orang.

“Diadakannya kegiatan ini sebagai upaya kita dari Madara untuk meningkatkan kreatifitas dan keahlian masyarakat dalam hal membatik. Terutama mereka yang baru lulus sekolah, ataupun bagi mereka ada juga yang terkena pemutusan hubungan kerja akibat pandemic Covid-19,” imbuhnya.

Sehingga dirinya sangat berharap dengan adanya pelatihan tersebut nantinya melahirkan tenaga-tenaga professional dalam hal membatik.

“Apalagi dari BDI Jakarta Kementerian Perindustria RI juga akan memberikan sertifikat keahlian yang bisa mereka pergunakan baik untuk membuka lapangan pekerjaan secara mandiri ataupun bekerja di perusahaan lain,” ungkapnya.

Kepala Bidang Perindustrian Kabupaten Sumedang Sutisan memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Pihaknya juga mendukung upaya pemerintah pusat dalam hal ini dari Kementrian Perindustrian RI yang telah membuat program membatik untuk masyarakat Darmaraja.

Bahkan kedepannya dia berharap tidak hanya pelatihan membatik saja yang akan dilaksakan, mungkin akan ada pelatihan yang mendukung untuk pengembangan ekonomi masyarakat.

“Ini merupakan suatu berkah, mungkin kesempatan ini tidak akan datang dua kali,”katanya

Sementara itu, untuk permodalan masyarakat bisa menggunakan jasa keuangan perbankan dengan program pinjaman lunak. ***

Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

Jelang Idul Adha, Baznas Sumedang Luncurkan Program Kurban Online

12 Juni 2024 - 20:24 WIB

Baznas Kabupaten Sumedang Kembali meluncurkan program kurban online jelang Idul Adha 1445 H.

Pj Bupati Sumedang Minta DPMPTSP Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

12 Juni 2024 - 19:54 WIB

Yudia Ramli selaku Pj Bupati Suedang saat melakukan monitoring sekaligus silaturahmi ke DPMPTSP Kabupaten Sumedang. Rabu (12/5/2024).

Kadinsos Sumedang Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional

11 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumedang menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2024 dengan tema "Lansia Sehat, Terawat, Mandiri dan Produktif" di Halaman Yayasan Handjuang Mekar Indonesia Dusun Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Selasa, 11 Juni 2024.

Pj Bupati Sumedang Berharap DMI Mampu Tingkatkan Fungsi Masjid

11 Juni 2024 - 17:58 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat membuka Talkshow Peningkatan Sinergitas dan Kolaborasi Kemasjidan di Aula Islamic Center Sumedang. Selasa (11/6/2024).

Masjid Besar di Kabupaten Sumedang Bakal Terima Bantuan Mimbar

11 Juni 2024 - 17:53 WIB

Yudia Ramli selaku Pj BupatiSumedang saat membuka acara talkshow yang digelar Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Aula Islamic Center Sumedang. Selasa (11/6/2024).

Voucher Belanja Pangan untuk Keluarga Miskin Ektrem Dibagikan Sebelum 1 Juli

10 Juni 2024 - 22:09 WIB

Pemda Kabupaten Sumedang segera meluncurkan voucher untuk masyarakat miskin ekstrem di Kabupaten Sumedang. Rencananya voucher tersebut akan diluncurkan Pj Bupati Sumedang sebelum tanggal 1 Juli kepada 10.082 jiwa (3.083 KK) warga miskin ektrem sebesar Rp. 75.000/jiwa setiap bulannya.
Trending di SUMEDANG