Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 27 Jan 2021 22:09 WIB ·

50 Peserta Jalani Tes Usap Antigen Sebelum Ikut Pelatihan Membatik

REPORTER: FITRIYANI GUNAWAN | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Para peserta pelatihan membatik yang diselenggarakan Masyarakat Adat Darmaraja bekerjasama dengan Balai Diklat Industri Jakarta Kementerian Perindustrian RI saat melakukan pendaftaran untuk dites usap antigen.

SUMEDANGONLINE/HADI BARKAH TES USAP: Para peserta pelatihan membatik yang diselenggarakan Masyarakat Adat Darmaraja bekerjasama dengan Balai Diklat Industri Jakarta Kementerian Perindustrian RI saat melakukan pendaftaran untuk dites usap antigen.

DARMARAJA – Sebanyak 50 peserta menjalani tes usap antigen. Sebelum mereka mengikuti pelatihan membatik yang diselenggarakan Balai Diklat Industri (BDI) Jakarta pada Kementerian Perindustrian RI bekerjasama dengan Masyarakat Adat Darmaraja (Madara) di Pesona JG, Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Rabu, 27 Januari 2021.

Menurut Ketua panitia pelaksana, Trisna Hendrayatna, tes usap sengaja dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 diantara para peserta pelatihan. Sehingga pihaknya sangat berhati-hati.

“Begitu pun pada saat pelaksanaan para peserta tetap melaksanakan protocol kesehatan dengan tetap memakai masker, dan menjaga jarak. Kegiatan ini diinisiasi Madara dan Apdesi, kita kerjasama dengan Balai Diklat Industri (BDI) Jakarata Kementerian Perindustrian RI,” ucap Trisna di Pesona JG. Rabu, 27 Januari 2021.

Baca Juga  Panitia Pilkades Legok Kidul Ajak Warganya Mencoblos Pada 16 Desember 2020

Rencananya kegiatan tersebut akan berlangsung hingga 17 Februari 2021 dengan format dari 50 peserta itu dibagi ke dalam 5 kelompok sehingga masing-masing kelompok berjumlah 10 orang.

“Diadakannya kegiatan ini sebagai upaya kita dari Madara untuk meningkatkan kreatifitas dan keahlian masyarakat dalam hal membatik. Terutama mereka yang baru lulus sekolah, ataupun bagi mereka ada juga yang terkena pemutusan hubungan kerja akibat pandemic Covid-19,” imbuhnya.

Sehingga dirinya sangat berharap dengan adanya pelatihan tersebut nantinya melahirkan tenaga-tenaga professional dalam hal membatik.

“Apalagi dari BDI Jakarta Kementerian Perindustria RI juga akan memberikan sertifikat keahlian yang bisa mereka pergunakan baik untuk membuka lapangan pekerjaan secara mandiri ataupun bekerja di perusahaan lain,” ungkapnya.

Baca Juga  Hewan Kurban di Sumedang Teridentifikasi Sehat

Kepala Bidang Perindustrian Kabupaten Sumedang Sutisan memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Pihaknya juga mendukung upaya pemerintah pusat dalam hal ini dari Kementrian Perindustrian RI yang telah membuat program membatik untuk masyarakat Darmaraja.

Bahkan kedepannya dia berharap tidak hanya pelatihan membatik saja yang akan dilaksakan, mungkin akan ada pelatihan yang mendukung untuk pengembangan ekonomi masyarakat.

“Ini merupakan suatu berkah, mungkin kesempatan ini tidak akan datang dua kali,”katanya

Sementara itu, untuk permodalan masyarakat bisa menggunakan jasa keuangan perbankan dengan program pinjaman lunak. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.
Trending di SUMEDANG