Home / Nasional / Pilihan Redaksi

Rabu, 24 Februari 2021 - 23:38 WIB

Kang Emil Dampingi Jokowi Tinjau Perbaikan Tanggul Sungai Citarum di Kabupaten Bekasi

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mendampingi Presiden RI Joko Widodo meninjau lokasi banjir di Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Rabu (24/2/2021).

YOGI P/HUMAS JABAR TINJAU LOKASI: Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mendampingi Presiden RI Joko Widodo meninjau lokasi banjir di Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Rabu (24/2/2021).


SUMEDANGONLINE.COM, BEKASI — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mendampingi Presiden RI Joko Widodo meninjau lokasi banjir di Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Rabu (24/2/2021).

Menurut Presiden, perbaikan tanggul yang jebol tersebut sudah dimulai sejak dua hari yang lalu. Presiden berharap kepada jajaran terkait agar menyelesaikan perbaikan tanggul tersebut secepatnya.

“Insyaallah saya memberi target maksimal dua hari lagi sudah harus selesai tanggulnya sehingga semuanya berfungsi normal kembali,” ujarnya.

Selain itu, Presiden RI bersama Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– meninjau rumah-rumah penduduk yang rusak akibat banjir.

“Kemudian masyarakat yang terkena dampak, tadi di sini ada 30 juga perumahannya akan segera diselesaikan dalam waktu yang secepat-cepatnya,” ucap Presiden RI.

Baca Juga  Polisi Amankan Dua Lelaki Pembawa Sabu di SPBU Paseh

Sehari sebelumnya atau pada Selasa (23/2/2021), Kang Emil meninjau perbaikan tanggul Sungai Citarum yang jebol di Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi.

Dalam peninjauan tersebut, Kang Emil memastikan bantuan logistik untuk masyarakat terdampak banjir terus mengalir, baik dari BPBD Kabupaten, BPBD Provinsi, maupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sementara rumah yang rusak berat maupun roboh akibat bajir dapat mengikuti program perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu).

“Kita ada anggaran rutilahu. Membangun rumah baru nanti kita upayakan bisa dari pemerintah kabupaten maupun provinsi nanti tinggal didata oleh kepala desa,” tambahnya.

Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar menganggarkan Rp560 miliar untuk memperbaiki 31.500 unit rumah rutilahu sepanjang 2021 di 27 daerah.

Baca Juga  Partai Garuda, Hanura dan PKPI Absen Daftar Bacaleg di KPU Sumedang

Selain itu, Kang Emil menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur pengendali banjir di Jabar terus berjalan. Ada yang sudah 100 persen selesai. Ada pula yang masih dalam tahap pembangunan.

“Penyodetan Sungai Cisangkuy sudah 100 persen. Yang tadinya air dari Cisangkuy ke Citarum melewati permukiman dan bikin banjir, hari ini air dari Cisangkuy sudah dibelokan langsung ke Citarum tanpa melewati permukiman. Itu contoh program penanganan banjir yang sudah 100 persen,” ucapnya.

Selain Sodetan Cisangkuy, sejumlah bendungan untuk mengendalikan banjir di beberapa daerah, seperti Bendungan Sadawarna, sedang berjalan. Pun demikian dengan penanganan banjir di Kali Bekasi. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Peresmian serentak 23 rumah tidak layak huni Program Polres Sumedang dan Baznas Kabupaten Sumedang. Selasa, 8 Desember 2020.

Halo Polisi

Kapolres Resmikan 23 Rutilahu di Cisarua dari Program Polres Sumedang

KABAR DARI GEDUNG NEGARA

12 Desa di Sumedang Ditetapkan Sebagai Desa/Kelurahan Sadar Hukum

Pilihan Redaksi

Hujan Malam Minggu, TPT Masjid Cipeuteuy Ambruk

Pilihan Redaksi

Terminal jembatan timbang ditutup, angkutan berat makin leluasa

DAERAH

Jatigede digenang, proses belajar di SDN Cipaku masih aktif
Pertemuan Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 45 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam rangka penanganan Covid-19 di Ruang Rapat Disbudparpora Kabupaten Sumedang. Senin, 13 Juli 2020.

Pilihan Redaksi

Fix Boleh Hiburan Hajatan Mulai 1 Agustus, Kadisbudpar: Tak Boleh Ada Prasmanan Dulu

Pilihan Redaksi

Kasih Kode Empat, Dari Madinah Sidik Jafar Doakan Masyarakat Sumedang

Nasional

Dua Tahun Jokowi-JK, ini dia laporan kemenpora