Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Kamis, 3 Juni 2021 - 18:18 WIB

Datangi Kemenko Marves RI, Ini yang Diminta Bupati Sumedang kepada Menteri Luhut

Bupati Sumedang, Sekda dan Kepala Bappppeda menemui Menko Marves RI, Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Rabu 2 Juni 2021 kemarin.

IST BERTEMU: Bupati Sumedang, Sekda dan Kepala Bappppeda menemui Menko Marves RI, Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Rabu 2 Juni 2021 kemarin.


SUMEDANGONLINE, KOTA – Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Sekretaris Daerah, Herman Suryatman dan Kepala Bappppeda Tuti Ruswati, menemui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI, Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Rabu 2 Juni 2021 kemarin.

Pertemuan ini dalam rangka koordinasi terkait progres pembangunan di Kabupaten Sumedang sebagai upaya mengakselerasi pengembangan potensi kawasan Industri Buahdua, Ujungjaya dan Tomo (Butom) Panas Bumi, Jalan Tol Cisumdawu dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Jatigede.

Bupati Sumedang menyampaikan, bahwa saat ini Sumedang dilintasi jalan Tol Cisumdawu sepanjang 62 kilometer yang ditargetkan pemerintah pusat selesai akhir Desember 2021 ini.

Baca Juga  Untuk Pasangan Hebat Kurang dari 5 Menit Rp 240 juta Terkumpul

“Pemda Sumedang berkomitmen untuk mengakselerasi pembebasan lahan dan pembangunan kontruksi jalan tol,” ucapnya.

Dony menilai, jika jalan tol selesai, maka akan mempermudah akses warga dari luar daerah untuk masuk ke Sumedang. Termasuk juga ke Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka.

“Kami terus berkomitmen mengakselerasi, bahkan memobilisasi birokrasi mulai dari camat sampai kades, untuk sama-sama hadir menjadi bagian solusi berkaitan dengan persoalan percepatan pembangunan jalan tol,” ujarnya.

Selain mengakselerasi pembangunan jalan Tol Cisumdawu, lanjut bupati, Pemda Sumedang meminta bantuan dan dukungan dari Kemenko Marves RI, terhadap upaya pengembangan potensi lahan industri Butom.

Saat ini, sudah ada lahan seluas 4.000 hektar dan Pemda Sumedang meminta kepada Menteri Luhut, agar ada investor yang masuk ke kawasan Butom.

Baca Juga  Bansos Tahap IV Provinsi Jabar Mulai Didistribusikan

“Kalau investor datang, industrinya hadir, tumbuh dan berdiri di sana, akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan yang akhirnya berdampak kepada meningkatnya kesejahteraan warga Sumedang,” katanya.

Berkaitan dengan pengembangan ekonomi di kawasan Jatigede, sambung bupati, Kemenko Marves akan membantu melalui beberapa program yang disiapkan.

“Catatan Pak Menteri, nanti akan membantu. Mohon dikawal jalan tol, kemudian sesuatunya dikoordinasikan dan akan membantu pembangunan Sumedang. KEK juga nanti akan disupport. Pak Menteri sudah menugaskan Deputi untuk mengawal pariwisata,” pungkasnya. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 3-9 Agustus 2021 di Kabupaten Sumedang tak ada penyekatan kendaraan hanya ganjil genap tetap berlaku.

Pilihan Redaksi

Sumedang di Level 4, Sekda: Tak Ada Penyekatan Kendaraan, Hanya Ganjil Genap

Pilihan Redaksi

Sumedang Luncurkan GISA Permudah Administrasi Kependudukan

Pilihan Redaksi

Sekda Sumedang, Sayangkan Pembangunan Jembatan Rancapurut Belum Terealisasi

JATINANGOR

Siswa Al-Masoem Ini Sumbang Medali Perak di Ajang Karya Ilmiah

Pilihan Redaksi

Sumedang Telah Tetapkan Isolasi Lokal Kewilayahan Sejak 22 Maret 2020
H. Nuryadin selaku kepela bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sumedang

Pilihan Redaksi

Kabid Pemdes Sumedang Sebut Petahana Nyalon Lagi pada Pilkades Serentak 2021 Hanya Perlu Cuti
Kawanan pencuri menyatroni gerai Indomaret di Jalan Raya Bandung-Garut, tepatnya di Dusun Ciburaleng RT 01 RW 01, Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Pilihan Redaksi

Gerai Indomaret Dibobol Maling

Pilihan Redaksi

2020, Kelurahan Talun Bakal Terima Bantuan 25 Rutilahu