Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 7 Jun 2021 16:55 WIB ·

Gelar Saresehan, Desa Galudra Siap Wujudkan Destinasi Wisata Desa Sunda Buhun

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: REDAKSI

Sejumlah pejabat dan tokoh foto bersama usai kegiatan Saresehan di Buper Gajah Depa Desa Galudra Kecamatan Cimalaka, Senin 7 Juni 2021.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE FOTO BERSAMA: Sejumlah pejabat dan tokoh foto bersama usai kegiatan Saresehan di Buper Gajah Depa Desa Galudra Kecamatan Cimalaka, Senin 7 Juni 2021.

SUMEDANGONLINE, CIMALAKA – Sebagai penjabaran dari Program Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dalam upaya mewujudkan Sumedang sebagai Destinasi Wisata, Pemerintah Desa Galudra Kecamatan Cimalaka, menggelar kegiatan “Saresehan” di Bumi Perkemahan Gajah Depa Dusun/Desa Galudra, Senin 7 Juni 2021.

Kegiatan yang mengambil tema menjadikan Desa Galudra sebagai Destinasi Wisata Desa Sunda Buhun itu, dihadiri Tokoh Sumedang, Adang Rochjana, Disbudparpora Sumedang, DKS, Camat Cimalaka, Kades Galudra, Kompepar, PHRI, HPI, ASITA serta BPPD.

Kepala Desa Galudra, Sumpena menyampaikan, dalam pelaksanaanya, pihak desa akan terus meminta dukungan serta petunjuk dari Kadisparbudpora dan para sesepuh, guna mewujudkan Desa Galudra jadi Destinasi Wisata Sunda Buhun.

“Program ini juga, akan mampu meningkatkan perekonomian, kesejahteraan dan juga  IPM masyarakat yang semakin meningkat,” kata kades.

Untuk itu, Desa Galudra yang memiliki lahan sekitar 165 hektar, akan leluasa dalam mengembangkan potensi yang akan dijadikan destinasi wisata.

Baca Juga  Bupati Sumedang Minta Satgas Penangan Covid-19 Desa Pantau Kebutuhan Warga Isoman

“Di sini, potensinya adalah termasuk wisata air dan wisata alam. Kita memanfaatkan juga SDM, karena di sini juga terdapat banyak pengrajin Handicraft atau pengrajin tradisional guna meningkatkan perekonomian mereka,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kadisbudparpora Kabupaten Sumedang, Hari Tri Santosa mengatakan, dalam hal ini, pihaknya hanya memfasilitasi masyarakat sesuai dengan Perda Nomor 01 Tahun 2020, tentang Sumedang Puser Budaya Sunda (SPBS).

“Ini sangat unik, menarik dan terus berkelanjutan. Serta kedepanya bisa menjadi icon untuk Desa Sunda Buhun, dimana nantinya kita fasilitasi bersama. Kita juga akan terus kembangkan peningkatan kepariwisataan, karena ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” tutur kadis.

Masih di tempat sama, Tokoh Sumedang, Irjen Pol. Purn. H. Adang Rochjana mengatakan, pihaknya akan mengembangkan sebagaimana yang diprogramkan oleh pemerintah. Mulai dari program desa  dan program swasta sebagai peran masyarakat.

Baca Juga  Ruangan Digabung, Plafon Ruang Kelas SDN Babakan Rancakalong Mau Roboh

Apalagi, kata dia, Sumedang sudah dikenal sejak Tahun 2009 sebagai puser budaya. Begitu juga dengan kebijakan dari Kadisparbudpora, bahwa tiap desa se-Kabupaten Sumedang, diharapkan dapat menjadi desa wisata.

“Saya ingin jadi makmum pemerintah yang baik, yakni bagaimana kita memberikan kontribusi sehingga dapat menambah sumber penghasilan masyarakat,” katanya.

Adang juga meminta roadmapnya, agar tidak terjadi benturan dengan aturan. Begitu juga dia menyarankan, agar serta setiap wilayah harus berbeda-beda dalam membentuk destinasi wisatanya.

“Jangan sampai sama. Dimana nantinya jika sama, maka akan sulit berkembang. Jadi pihak pemerintah harus bisa menyeleksinya guna berkembang lebih baik,” tukasnya. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 26 kali

Baca Lainnya

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)

Tanpa Biaya Miliaran, Kompepar Golempang Bangun Landasan Pacu Paralayang

18 Januari 2022 - 01:19 WIB

Alat berat yang digunakan untuk meratakan kawasan pacu paralayang di Puncak Gunung Golempang, Desa Darmaraja, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang.

Pemda Sumedang Bantu Kelompok Tani di Desa Rancakalong

11 Januari 2022 - 19:03 WIB

Kelompok Pemuda Tani Putra Mandiri dan Kelompok Wanita Tani Hanjuang Bungur Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang mendapat bantuan sarana produksi pertandi dari Pemerintah Kabupaten Sumedang. Sealsa, 11 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG