Home / Halo Polisi

Selasa, 22 Juni 2021 - 15:30 WIB

Riset Cyrus Network Sebut Opini Publik Terhadap Institusi Polri Cenderung Positif

Direktur Riset Cyrus Network Fadhli MR

ISTIMEWA CENDERUNG POSITIF: Direktur Riset Cyrus Network Fadhli MR


JAKARTA Cyrus Network dalam laporan hasil surveinya menyebutkan opini publik terhadap institusi Polri cenderung positif. Direktur Riset Cyrus Network Fadhli MR mengatakan hal pertama yang ada di benak publik saat mendengar kata polisi adalah “Menjaga Keamanan”.

“Secara top of mind sebanyak 22,9% responden menjawab Menjaga Keamanan. Saat ditanyai pertanyaan; apa yang terlintas pertama kali dibenak anda jika mendengar kata Polisi?” kata Fadhli, Senin (21/6/2021).

Selain “Menjaga Keamanan” respon publik teratas lainnya ketika mendengar kata polisi adalah “Aparat Penegak Hukum” sebanyak 19,8% dan “Melindungi dan Mengayomi” masyarakat sebanyak 13%. Namun masih ada opini spontan, “Takut” sebanyak 9,9% dan  “Razia/Tilang” sebanyak 5,6%.

Baca Juga  Pembagian Sembako Awali Eksekusi Sembilan Bidang Lahan Terdampak Tol Cisumdawu

“Opini publik terhadap Polri relatif positif. Terlihat tiga respon teratas merupakan respon yang positif menggambarkan fungsi dan tugas dari Kepolisian,” ujarnya.

Citra positif Polri ini selaras dengan penilaian publik terhadap kepuasan pelayanan publik yang dilakukan Polri. Publik mengaku puas terhadap pelayanan Polri  seperti mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM), membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan laporan pengaduan masyarakat.

“Secara umum, opini publik terhadap pelayanan Polri sudah cukup baik, hal ini tercermin dari persepsi responden yang mengaku pernah mengurus SIM, mengurus SKCK, dan membuat pengaduan penegakan hukum dalam empat bulan terakhir. Dari seluruh layanan POLRI yang kami uji, tercatat bahwa pelayanan mengurus SIM memiliki tingkat kepuasan tertinggi yaitu sebesar 90,3%; diikuti dengan layanan membuat SKCK sebesar 82,8%; dan mengurus proses pengaduan masyarakat sebesar 79,4%,” ungkap Fadhli.

Baca Juga  Tak Pakai Masker, Delapan Warga Buahdua Terjaring Operasi Yustisi

Survei Cyrus Network ini dilakukan secara tatap muka pada tanggal 28 Mei-1 Juni 2021 dengan jumlah responden sebesar 1230 responden tersebar secara proporsional pada 123 desa/kelurahan terpilih di 34 Provinsi. Survei dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan (significant level) survei ini adalah 95% dengan _margin of error_sebesar +/- 2,85%. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Polres Metro Bekasi mengamankan 10 mobil travel gelap yang kedapatan membawa penumpang yang hendak mudik libur Idul Adha. Kendaraan tersebut juga tidak memiliki izin trayek atau berpelat hitam, bukan kuning.

Halo Polisi

Nekat Bawa Pemudik, 10 Mobil Travel Gelap Diamankan Polisi

Halo Polisi

Bareskrim Polri Musnahkan 5 Hektare Ladang Ganja di Sumut
Tim penilai dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) melakukan evaluasi kinerja pelayanan publik tahun 2021 di Polres Sumedang. Jumat, 3 September 2021.

Halo Polisi

Tim Penilai Kemenpan-RB Tinjau Pelayanan Publik di Polres Sumedang
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus memberikan keterangan.

Halo Polisi

Polisi Bekuk Pasangan Sejoli Pelaku Pemalsu Surat Swab PCR, Terancam 6 Tahun Bui
Polres Sumedang meluncurkan Buku Saku Info Vaksin Covid-19 Versi Sunda.

Halo Polisi

Sanksi Berat Pelanggar Tertib Prokes, Kapolres Sumedang: Dukung Program Pemda
Aparat Gabungan TNI, Polri dan Satpol PP saat melakukan operasi yustisi penggunaan masker / penerapan sanksi administratif terhadap pelanggar tertib kesehatan dalam pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru (AKB) penanggulangan Covid-19 Di Wilayah Polsek Darmaraja. Selasa, 29 Desember 2020.

Halo Polisi

Tak Gunakan Masker, Sepuluh Warga Darmaraja Kena Sanksi Administrasi
Pengumuman adanya penutupan sementara Alun-Alun di Kabupaten Bandung.

Halo Polisi

Cegah Kerumunan Alun-Alun di Kabupaten Bandung Sabtu dan Minggu Ditutup Sementara
Batalyon Infanteri Raider 301/PKS melaksanakan kegiatan karya bakti rehab pembangunan masjid Besar Cimalaka di Jalan Raya Cimalaka No. 84 Alun-alun Cimalaka Dusun Pakemitan Desa Cimalaka Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Sabtu, 26 Desember 2020.

Halo Polisi

Prajurit Batalyon Infanteri Raider 301/PKS Bantu Rehab Pembangunan Masjid Besar Cimalaka