Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 21 Okt 2021 17:40 WIB ·

Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

Reporter: Fitriyani Gunawan | Editor: Redaksi


 Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu. Perbesar

Fitriyani/SUMEDANG ONLINE
Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.

SUMEDANGONLINE, Darmaraja: Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan akan membuat terobosan baru dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dan Dinas Kebupdayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang dengan memasukan kaulinan barudak sebagai event perlombaan tingkat Kecamatan atau Kabupaten. Hal itu dikatakan Erwan usai menyaksikan pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.

“Insyallah tahun depan saya tadi dengan Perwakilan Dinas Pendidikan dan Disbudparpora serta para camat kita akan adakan olimpiade permainan atau kaulinan ini tingkat kecamatan, Kabupaten Sumedang,” ujar Erwan Setiawan saat Live Report dengan Radio Trimekar FM dan SUMEDANGONLINE. Kamis, 21 Oktober 2021.

Karena itu dia berharap dengan adanya kegiatan semacam ini dapat terus menja kelestarian dari permainan dan kesenian tradisional.

“Saya berharap anak-anak zaman sekarang pun bisa mengetahui dan bisa terus dikembangkan. Ini untuk menjaga kekompakan kebersamaan dan juga silaturahmi diantara anak-anak. Karena kalau permainan itu hilang mereka tidak akan saling mengenal antara satu sama lainnya, tidak mengenal teman-temannya dan juga untuk mengurangi ketergantungan mereka terhadap gadget dan game online.”

“Saya berharap di Sumedang ini ketergantungan terhadap game online pada generasi milenial ini segera hilang diganti dengan permainan tradisional. Oleh karena itu saya berharap dijaga terus permainan-permainan, kesenian tradisional seperti ini,” demikian Erwan Setiawan.

Sebelumnya Wabup Erwan disambut panitia dengan penampilan Singa Depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang. Dua singa depok didatangkan dan dinaiki oleh Wabup Sumedang serta Kadisbudparpora Sumedang, Tri Hari Santoso diiri lagu yang khusus untuk menyambut panganggung Sumedang di Sagara Munjul.

Singa Depok sendiri menurut Trisna Hendrayatna dari Masyarakat Adat Darmaraja Kabupaten Sumedang, bukan dalam artian mereka didatangkan dari Kota Depok. Tetapi lebih condong dari posisi singa itu sendiri yang depok (depa). ***

Artikel ini telah dibaca 154 kali

Baca Lainnya

Pj. Bupati Sumedang Lepas 440 Calon Jamah Haji Gelombang 2

2 Juni 2024 - 15:24 WIB

Pj Sumedang, Yudia Ramli ddampingi Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sumedang melepas sebanyak 440 orang calon jamaah haji asal Kabupaten Sumedang yang tergabung alam gelombang 2 kloter 23 di Halaman Mall Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang. Minggu, 2 Juni 2024.

Pasca Umrah Wajib, Kondisi 135 Jamaah Haji KBIH Annur dalam Kondisi Sehat

31 Mei 2024 - 09:17 WIB

Sebanyak 135 orang jamaah haji kelompok terbang (kloter) 8 dari KBIH Annur baru saja menyelesaikan umrah wajib saat tiba di Makkah Arab Saudi. Jumat, 31 Mei 2024 Waktu Arab Saudi.

Ada 93 Kades di Sumedang Diperpanjang 2 Tahun Lagi

31 Mei 2024 - 01:03 WIB

Ilustrasi

Wakili Sumedang, Desa Mulyasari Sabet Juara 3 Lomba TTG Posyantek Jawa Barat 2024

28 Mei 2024 - 19:52 WIB

Penghargaan diterima Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Pembangunan dan Kerjasama Desa DPMD Sumedang, Prama Prameswara, mewakili jajaran pemerintahan Kabupaten Sumedang dalam acara yang digelar di Cimahi Tecno Park, Selasa 28 Mei 2024.

Kaya akan Prestasi, SMPN 3 Sumedang Mampu Kembangkan Potensi Siswa

27 Mei 2024 - 09:46 WIB

Ketua KPU Sumedang Lantik 831 Anggota PPS

26 Mei 2024 - 12:22 WIB

Trending di Pilihan Redaksi