LINGKUNGAN

Permasalahan Sampah, Warga Jatigede Berharap Ada Komunitas Peduli Bendungan

Penulis: Fitriyani Gunawan | Editor: Fitriyani Gunawan
Warga Darmaraja saat berupaya membersihkan sampah di Blok Ejot Eks Desa Jatibungur, Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. Selasa, 21 Desember 2021.
Warga Darmaraja saat berupaya membersihkan sampah di Blok Ejot Eks Desa Jatibungur, Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. Selasa, 21 Desember 2021. | FOTO: Fitriyani Gunawan

SUMEDANGONLINE, Darmaraja: Pengamat Kebijakan Publik, Asep angkat bicara berkait berkaitan dengan adanya permasalahan sampah di Bendungan Jatigede yang sempat viral beberapa waktu lalu. Dia menyarankan pada pemerintah agar segera dapat membentuk suatu komunitas yang peduli terhadap bendungan yang mendapatkan legalitas dari pemerintah.

“(Pembersihan sampah) Ini harusnya kontinyu, jangan sampai hanya ketika musim hujan baru dilakukan pembersihan sampah. Jangan sampai booming dulu kaya kemarin. Saya berharap, sudah beberapa kali, saya berharap ada semacam komunitas peduli bendungan yang dipatenkan. Cuman komunitas ini harus dibekali dengan ‘senjata’ dan ‘peluru’nya,” ujar Asep saat mememberikan tanggapan berkaitan dengan adanya sampah di Jatigede.

Meski demikian sebut Asep, komunitas peduli bendungan itu pun harus diberikan sarana dan prasarana terkait yang diperlukan dalam tindakan membersihkan bendungan Jatigede.

“Jangan hanya dikasih senjatanya saja, tapi pelurunya tidak ada. Artinya misalkan jika dibutuhkan adanya perahu ya siapkan perahunya. Saya yakin kalau ada komunitas itu mereka siap untuk menjaga kebersihan bendungan,” imbuhnya.

Baca Juga  BPBD Sumedang Ungkap Dugaan Penyebab Longsor di Cadas Pangeran

Jika sudah diberikan sarana dan prasarana sebut Asep, komunitas itu nantinya yang melakukan penyisiran dimana lokasi yang banyak sampah. Kemudian mereka melakukan tindakan membersihkan sampah-sampah tersebut.

“Karena kalau saya lihat, perhatikan sampah-sampah ini kebanyakan adanya di hulu. Kalau ke daerah hilir itu tidak ada,” jelasnya.

Baca Juga  Sumedang Gelar UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas

Selain itu sebut Asep, pemerintah juga perlu menyediakan tempat pengelolaan sampah. Apalagi sebut dia, di Desa Tarunajaya yang berbatasan langsung dengan Jatigede, saat ini sudah ada tempat pengelolaan sampah yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa.

“Kenapa tidak bekerjasama saja untuk pengelolaan sampahnya dengan Bumdes. Sehingga sampah-sampah yang ada di Jatigede itu nantinya bisa dipilah-pilah, misalkan yang memiliki nilai ekonomis kenapa tidak dipisah,” tandasnya. ***

Tinggalkan Balasan