HALO POLISI

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat Indomaret

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi
STNK. ISTIMEWA/NET | FOTO:

SUMEDANGONLINE, Jakarta: Bagaimana cara bayar pajak kendaraan bermotor di Indomaret.

Cara bayar pajak bermotor di Indomaret, bisa menjadi solusi bagi anda yang super sibuk, dan tak mau mengantre di loket di loket Sistem Administrasi Manunggal Satu (Samsat).

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Wajib pajak hanya perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Nomoor HP dan uang tunai.

Berikut tahapannya yang didapat dari berbagai sumber:

Baca Juga  Kapolres Sumedang: Setiap Hari 34 Orang Ditindak Tak Pakai Masker, Total Denda Administratif Tembus Rp53,1 Juta

1. Datangi kasir lalu tunjukan STNK dan KTP asli serta nomor HP. Nantinya kasir akan mememriksa Nomor Polisi, Nomor mesin kendaraan, dan nomor HP yang aktif. Setelah melalui pemeriksaan, akan muncul nominal pajak yang harus dibayar melalui kasir

2. Setelah pembayaran tuntas, maka wajib pajak akan menerima struk pembayaran dan SMS balasan berupa link bitly dari Polri.

Baca Juga  Curah Hujan Tinggi, Kapolres Sumedang Imbau Waspada Longsor dan Banjir

3. Klik link bitly pada SMS, Link tersebut berisi bukti pelunasan (e-TBPKP) yang dapat anda simpan di HP atau print out sebagai bukti pembayaran sah disertai QR Code, kemudian simpan bersama STNK asli.

e-TBPKP yang dilengkapi dengan barcode (QR code) merupakan tanda bukti pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bukti Pengesahan STNK yang valid dan sah. Pengesahan STNK dapat dilakukan di polsek. Jika masih belum jadi, Anda bisa membawa bukti tersebut apabila sewaktu-waktu ada razia kendaraan bermotor.

Baca Juga  Polres Sumedang Tetapkan Tersangka, Dua Pelaku Tindak Kekerasan Ini Tertunduk Lesu

Batas waktu maksimal penukaran struk pembayaran adalah 30 hari. Apabila tidak dilakukan pengesahan STNK di Polsek atau Kantor Samsat terdekat, maka kendaraan dinyatakan tidak sah secara operasional. Cara bayar pajak motor di Indomaret tersebut tentunya sangat membantu bagi Anda yang tak mempunyai waktu ke kantor Samsat Ditlantas Polri. ***

Tinggalkan Balasan