Pilihan Redaksi, SUMEDANG

Bupati Sumedang Berharap Musrenbang Tidak Sekadar Formalitas dan Parade Sambutan

Penulis: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir di Gedung Negara, saat membuka Musrenbang Tahun 2022 dalam rangka penyempurnaan Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Sumedang Tahun 2023. Kamis (17/3/2022).
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir di Gedung Negara, saat membuka Musrenbang Tahun 2022 dalam rangka penyempurnaan Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Sumedang Tahun 2023. Kamis (17/3/2022). | FOTO: Iwan Rahmat Purnama/SO

SUMEDANG ONLINE – Bupati Sumedang berharap agar pelaksanaaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tak hanya jadi ajang ‘parade sambutan’ tetapi benar-benar sebagai wahana berdialog semua stakeholder demi pembangunan Sumedang.

“Kepada peserta Musrenbang RKPD tingkat Kabupaten Sumedang agar bisa mencurahkan segenap pemikiran dan ide ide kreatifnya selama kegiatan berlangsung. Jangan sampai Musrenbang hanya jadi ajang parade sambutan,” kata Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir di Gedung Negara, Kamis (17/3/2022) saat membuka Musrenbang Tahun 2022 dalam rangka penyempurnaan Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Sumedang Tahun 2023.

Bupati berharap agar agar momentum ini benar-benar digunakan sebagai ruang untuk berdialog dalam menyampaikan saran dan masukan.

“Saya minta kepada Bappppeda selaku penyelenggara agar kegiatan ini menjadi wahana menyampaikan saran dan masukan dari seluruh stakeholders,” tuturnya.

Baca Juga  Penetapan Sekaligus Pengundian Nomor Calon Kades Mekarwangi

Musrenbang tak sekadar formalitas dan menggugurkan kewajiban tetapi untuk menyempurnakan perencanaan Tahun 2023.

“Sesuai tujuannya, Musrenbang ini menyepakati permasalahan prioritas dan sasaran pembangunan daerah serta menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi,” katanya.

Apalagi sebut dia, dengan diraihnya penghargaan nomor satu Perencanaan Pembangunan Daerah sehingga mewakili Jabar ke tingkat Nasional, menurut Bupati harus menjadi motivasi bagi semua pihak sehingga perencanaan untuk tahun 2023 harus lebih baik.

Baca Juga  Duh, Pohon Tumbang Timpa Mobil

“RKPD maka harus dimulai dari tujuan kita bernegara yaitu untuk mensejahterakan rakyat. Pemerintah daerah adalah instrumen negara untuk mewujudkannya melalui proses pembangunan yang baik. Proses tersebut diawali dengan perencanaan yang baik pula,” pungkasnya. ***

Tinggalkan Balasan