Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 12 Apr 2023 18:34 WIB ·

Ciptakan Mudik Aman, Polres Sumedang dan BNN Sumedang Tes Urine Sopir Bus dan Kernet

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Petugas saat melakukan pendataan. Perbesar

Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE
Petugas saat melakukan pendataan.

SUMEDANGONLINEBadan Narkotika Nasional (BNN) Sumedang dan Sat Narkoba Polres Sumedang melakukan tes urine terhadap para supir, kernet dan petugas Terminal Tipe A Ciakar di Terminal Tipe A Ciakar Sumedang. Rabu 12 April 2022.

Dari 29 Armada reguler yang dipersiapkan untuk lebaran 2023, menurut Pengawas Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Ciakar Sumedang, Irfan Firmansyah, sebanyak 25 orang dilakukan tes urine.

“Kami menyelenggarakan fungsi keselamatan dan pelayanan masyarakat untuk melaksanakan keselamatan angkutan lebaran ini,” ujar Irfan Firmansyah.

Pada kesempatan itu pun dia mengatakan, pihaknya menyediakan fasilitas- fasilitas umum untuk di Terminal Tipe A Ciakar diantaranya toilet gratis termasuk untuk minum, istirahat gratis serta pemeriksaan kesehatan secara gratis.

“Kemungkinan prediksi kenaikan sekitar 300 sampai 800 biasanya di H-5 kemudian ada peningkatan di penumpang kemungkinan dari cakar Ini kemungkinan besar seperti yang di table sebelumnya cakar itu mengalami peningkatan pada saat pengembalian arus balik,” ungkapnya.

Kapolres Sumedang, AKBP Indra Setiawan, dia menyebutkan kegiatan tes urine merupakan salah satu upaya untuk mencegah kecelakaan lalu lintas selama mudik dan balik lebaran 2023.

“Kami berharap dengan tes urine ini, sopir bus dan kernet dapat lebih sadar dan memperhatikan keselamatan berkendara serta meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Kepala BNN Sumedang, AKBP Hery Sudrajat mengungkapkan bahwa tes urine ini juga sebagai bagian dari program pencegahan penyalahgunaan narkoba di wilayah Sumedang.

“Kami akan terus melakukan razia dan tes urine untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di wilayah Sumedang,” tuturnya.

Dalam kegiatan tes urine ini, semua yang menjalani tes urine dinyatakan negatif penggunaan narkoba.

Polres Sumedang dan BNN Sumedang berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan efek jera kepada para pengguna narkoba dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas selama mudik dan balik lebaran 2023. ***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Ayi: Baznas Sumedang Masih Terima Titipan Hewan Kurban

13 Juni 2024 - 18:17 WIB

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ayi Subhan Hafas

Kemenag Sumedang Kembangkan Kampung Moderasi Beragama

13 Juni 2024 - 13:37 WIB

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan Kampung Moderasi Beragama di KabupatenSumedangTahun 2024 di Aula Gedung Sarana Penunjang Pendidikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Baznas dan PWRI Sumedang Luncurkan Progam Z-Smart

13 Juni 2024 - 13:29 WIB

PWRI dengan Baznas Kabupaten Sumedang meluncorkan program Z-Smart (Spiritial Motivation Fun Integrated) Pengajian Terpadu Riang Gembira di Aula Baznas Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Jelang Idul Adha, Baznas Sumedang Luncurkan Program Kurban Online

12 Juni 2024 - 20:24 WIB

Baznas Kabupaten Sumedang Kembali meluncurkan program kurban online jelang Idul Adha 1445 H.

Pj Bupati Sumedang Minta DPMPTSP Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

12 Juni 2024 - 19:54 WIB

Yudia Ramli selaku Pj Bupati Suedang saat melakukan monitoring sekaligus silaturahmi ke DPMPTSP Kabupaten Sumedang. Rabu (12/5/2024).

Kadinsos Sumedang Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional

11 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumedang menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2024 dengan tema "Lansia Sehat, Terawat, Mandiri dan Produktif" di Halaman Yayasan Handjuang Mekar Indonesia Dusun Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Selasa, 11 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG