Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 27 Sep 2023 08:48 WIB

Kalimat ‘Pangeran Dony-Erwan’ Dipertanyakan RWS, Ini Jawaban Pj Bupati Sumedang

Reporter: Fitriyani Gunawan | Editor: Fitriyani Gunawan


 Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Herman Suryatman mengajak saat menghadiri Haul Akbar Pangeran Soegih di Alun-alun Sumedang. Sabtu, 23 September 2023. Perbesar

sumedangkab/SUMEDANG ONLINE
Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Herman Suryatman mengajak saat menghadiri Haul Akbar Pangeran Soegih di Alun-alun Sumedang. Sabtu, 23 September 2023.

SUMEDANG – Rukun Wargi Sumedang (RWS) Pengurus Cabang Sumedang mempertanyakan pernyataan Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman yang menyatakan adanya Pangeran Dony dan Pangeran Erwan. Pernyataan itu disampaikan saat memberikan sambutan pada acara Haul Pangeran Sugih, Sabtu 23 September 2023 di Alun-alun Sumedang.

“Berdasarkan apakah pernyataan dan pengangkatan tersebut. Begitu mudahnya disejajarkan dengan leluhur kami Yang Dimuliakan,” tulis salahsatu aspirasi yang dikutip dari surat Undangan Audensi ke DPRD Sumedang yang ditandatangani Ketua RWS, Rd. Supriatna.

Rencananya Audensi tersebtu akan dilaksanakan pada Rabu, 27 September 2023 muali pukul 09.00 di DPRD Kabupaten Sumedang.

Menanggapi adanya hal ini, dijelaskan Pj. Bupati Sumedang, Herman Suryatman bahwa kata ‘Pangeran’ dimaksud merupakan kiasan atau makna konotatif (untuk menggugah rasa), bukan makna denotatif (makna sebenarnya).

“Saya menyampaikan pernyataan itu dalam konteks keberlanjutan kepemimpinan pada acara haul Pangeran Sugih. Saya sampaikan bahwa pada masa lalu Sumedang memiliki pemimpin yang membanggakan seperti Pangeran Sugih, Pangeran Kornel dan Pangeran Mekah. Kita harus mengambil spirit dari kepemimpinan Pangeran Sumedang serta mengadaptasikannya dengan tantangan masa kini. Jadi kata ‘Pangeran’ tersebut disampaikan dalam konteks kepemimpinan untuk menggugah rasa (memotivasi), bukan pengertian sebenarnya sebagai gelar keturunan raja,” ungkap Herman di Sumedang. Rabu (27/9/2023).

Contoh kiasan atau kata yang menggugah, seringkali kita mendengar julukan ‘Pangeran Biru’ sebagai kiasan atas kebanggaan kita kepada Tim Sepak Bola Kesayangan Persib. Ada juga kata ‘Cadas Pangeran’, yakni nama jalan di Sumedang yang mengabadikan perjuangan Pangeran Kornel dalam pembangunannya.

Dikatakan bahwa, saat ini Sumedang telah menorehkan berbagai prestasi sebagai kabupaten dengan kinerja pemerintahan terbaik tingkat Provinsi Jabar maupun Nasional dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati periode 2018-2023.

“Jadi yang dimaksudkan ‘Pangeran’ disana adalah kepemimpinan Bapak Dony dan Bapak Erwan yang membanggakan laksana pangeran,” ucapnya.

Herman menegaskan tidak ada maksud membanding-bandingkan antara kepemimpinan para Pangeran Sumedang dengan kepemimpinan masa kini, tetapi mempersandingkan. Karena hakekat kepemimpinan adalah estapet keberlanjutan dan perbaikan terus-menerus (continuous improvement).

“Jangan sampai kita terjebak pada romantisme masa lalu. Haul Pangeran Sugih, harus kita tempatkan sebagai media untuk mendo’akan, serta momentum untuk mengambil spiritnya sebagai bekal bagi peningkatan kualitas kepemimpinan masa kini dan ke depan,” kata Herman.

Selanjutanya Herman menyampaikan permohonan maaf.

“Apabila ada salah paham atas pernyataan ‘Pangeran’ tersebut, dari lubuk hati terdalam saya menyampaikan permohonan maaf. Sebagai Penjabat Bupati Sumedang, saya tidak punya maksud lain kecuali memotivasi dan menginspirasi masyarakat agar kita mampu meneladani kepemimpinan Pangeran Sumedang,” pungkasnya. ***

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Pj Bupati Sumedang Apresiasi Capaian SAKIP Kecamatan Surian

12 Juli 2024 - 23:49 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia saat memberikan arahannya dalam Roadshow Pembinaan SAKIP Kecamatan Surian di Aula Kantor Kecamatan Surian, Jumat (12/7/2024).

Pj Bupati Sumedang Ingatkan Camat Surian Tingkatkan Pengawasan PBB

12 Juli 2024 - 23:46 WIB

Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli pada acara Pembinaan SAKIP di Kecamatan Surian. Jumat, (12/7/2024).

Kabid Aset BKAD Sumedang Serahkan 9 Unit Motor Dinas Bertenaga Listrik

12 Juli 2024 - 14:12 WIB

17 Klub Siap Bertanding di Piala Doamu Cup U-45

11 Juli 2024 - 16:34 WIB

Technical Meeting Dony Ahmad Munir Cup di Cafe Si Bungsu Darmaraja, Sumedang. Rabu, 10 Juli 2024.

Sumedang Sedang Bentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah

5 Juli 2024 - 17:23 WIB

Pj. Sekda Sumedang, Tuti Ruswati saat melakukan monitoring Tanah dan Bangunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kantor BRIN Haurngombong, Kecamatan Pamulihan, Jumat (5/7/2024).

Atasi Kemiskinan, Sumedang Luncurkan Kartu TANGKIS

3 Juli 2024 - 21:09 WIB

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang meluncurkan program inovatif bernama Kartu Tangkal Kemiskinan (TANGKIS) sebagai solusi penanganan miskin ekstrem di Sumedang. Peluncuran Kartu TANGKIS diawali dengan tapping kartu oleh Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Yudia Ramli didampingi Forkopimda di Saphire City Park (SACIPA). Rabu (3/7/2024).
Trending di SUMEDANG