31 Des 2023 18:58 WIB | PENULIS: Fitriyani Gunawan | EDITOR: Fitriyani Gunawan
Kasie pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Sumedang, Adang
Fitriyani Gunawan/SUMEDANG ONLINE
Kasie pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Sumedang, Adang

SUMEDANG – Kasie pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Sumedang, Adang, memastikan pasca gempa utama dan susulan yang terjadi di Kabupaten Sumedang jelang pergantian tahun, tak menimbulkan kerusakan atau kerugian materil lainnya.

Hal itu setelah BPBD Kabupaten Sumedang melakukan assement terhadap titik lokasi yang diduga menjadi pusat gempa bumi yang berada di kawasan Tegalsari, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang.

“Saat ini kami berada di Tegalsari, memang pantauan dari BMKG episentrumnya di sekitar sini. Alhamdulillah, tidak ada apa-apa,” ujar Adang didamping ketua RT setempat saat memberikan keterangan pers. Minggu, 31 Desember 2023.

Meski demikian, warga Tegalsari merasakan guncangan gempa cukup kuat. “Mudah-mudahan masyarakat tidak panik, seperti biasa. Tapi tetap waspada, siaga. Bila terjadi (gempa) lebih baik keluar rumah. Kalaupun terjadi guncangan yang cukup kuat, jangan dulu melakukan pergerakan. Berlindung di tempat yang aman, dan ketika getarannya sudah mulai reda segera keluar,” tandasnya.

Pasca gempa dengan kekuatan M4,1, kemudian terjadi gempa susulan dengan kekuatan M3,4. “Itu memang sudah diprediksi, karena biasanya setelah gempa pertama, biasanya ada gempa susulan. tapi kekuatannya lebih rendah,” pungkas dia. ***

Install SUMEDANGONLINE MOBILE
| Advertorial