Encep Nurman Hadi selaku koordinasi Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat pada Panwaslucam Cisitu

Igun Gunawan/SUMEDANG ONLINE

Encep Nurman Hadi selaku koordinasi Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat pada Panwaslucam Cisitu

Berbarengan Kampanye, Panwaslucam Cisitu Perketat Pengawasan Distribusi Logistik

SUMEDANG – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Cisitu melakukan pengawasan yang ketat saat distribusi logistik ke Gudang PPK Cisitu. Apalagi sebut Encep Nurman Hadi selaku koordinasi Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat pada Panwaslucam Cisitu pengiriman logistik berbarengan dengan musim kampanye rapat umum terbuka.

“Oleh karena itu kami akan memungsikan jajaran Panwaslucam untuk melakukan pengawasan logistik dengan cermat mengedepankan aspek pencegahan, memastikan kepatuhan prosedur dan sesuai kebutuhan peraturan perundang undangan. Serta memastikan distribusi logistik dapat terselesaikan sesuai dengan jadwal, sehingga tidak ada hambatan pada saat pemungutan suara di 14 Februari 2024 nanti,” ujar Encep Nurman Hadi saat memberikan keterangan pers pada Pengawasan Logistik Pemilu Tahun 2024 di Kantor Panwaslucam Cisitu. Rabu siang, 31 Januari 2024.

Apalagi sebut dia, pihaknya memandang jika logistik Pemilu 2024 merupakan jantung dari penyelenggaraan pemilu.

“Maka kami melakukan koordinasi intens dengan ketua PPK Cisitu dan pihak lainnya agar tercukupi dalam kondisi baik, dan terjaga keamanannya terutama kertas dan kotak suara,” ungkapnya.

Selain itu, untuk menjaga keamanan logistik Pemilu 2024 di Kecamatan Cisitu pihaknya juga melakukan mitigasi daerah rawan. Dalam pemaparannya terdapat dua daerah yang rawan, yakni di Dusun Cikeusi Desa Cinangsi dan Cimarga yang memiliki topografi jalan curam dan jauh dari jalan utama.

Sementara untuk Dusun Cikeusi hanya dapat dilalui dengan kendaraan roda dua, jika pun tetap menggunakan roda empat maka harus berputar ke Desa Cikeusi di Kecamatan Darmaraja.

“Kemudian untuk Cikeusi, kemarin itu hanya dapat dilalui satu motor dan apabila menggunakan kendaraan mobil harus melewati jalur lewat Desa Cikeusi Darmaraja. Tapi ternyata ada solusi yang tepat ketika logistik itu akan disalurkan akan menggunakan kendaraan bermotor ke wilayah Dusun Cikeusi Desa Cinangsi,” imbuhnya.

Untuk atisipasi musim penghujan, agar jika terjadi hujan tidak sampai merusak logistik yang ada, pihaknya menyarankan agar disediakan ruangan yang memadai.

“Ada ruangan yang memadai. Jadi harus pindah ke dalam ruangan jika terjadi hujan, agar logistik yang sudah dikirim tidak rusak karena basah terkena hujan. Selain antisipasi rawan kerusakan juga mamastikan agar logistik tersebut tepat jumlah, jenis, sasaran dan waktu. Serta tepat dalam kualitas dan efesien dalam sinkronisasi data,” pungkasnya.***