Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 1 Jan 2024 01:31 WIB

Picu Gempa Tektonik Sumedang Sebenarnya Sesar Mana yang Aktif? Ini Jawaban BMKG

Reporter: IGUN GUNAWAN | Editor: IGUN GUNAWAN


 Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati Perbesar

Tangkapan Layar/SUMEDANG ONLINE
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati

SUMEDANG – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, belum dapat menetapkan sesar mana yang menjadi pemicu terjadinya gempa tektonik di Kabupaten Sumedang pada Minggu 31 Desember 2023.

“Sampai malam ini kami belum menetapkan akibat sesar apa, karena harus berdasarkan data yang harus kami cek langsung di lapangan. Dan benar ada beberapa sesar di sekitar pusat gempa, namun sesar-sesar yang sudah terindentifikasi dan terpetakan dengan nama geografinya itu jaraknya cukup jauh dari pusat gempa atau episenter. Sehingga tidak bisa kami langsung menyatakan penyebab sesar-sesar tersebut. Sehingga untuk point tersebut ini lebih kearah saint, investigasi lanjut,” ujar Dwikorita Karnawati saat Konferensi Pers Gempa Tektonik M4,8 Sumedang, Jawa Barat. Senin, 1 Januari 2024 dini hari.

Dikatakan Dwikorita pihaknya masih memerlukan waktu untuk memutuskan hal tersebut, namun sebut dia, hal yang paling mendesak adalah bagaimana upaya penyelamatan dan menenangkan warga terlebih dahulu. “Sehingga nanti, kita sambil kita melangkah juga untuk melakukan pengecekan lapangan untuk kepentingan sains tersebut yang mendukung tata ruang,” pungkasnya.

Daryono selaku Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG bahkan menyebutkan belum tepat jika sesar yang dimaksud adalah sesar Cileunyi dan Tanjungsari. “Tapi sesar ini berada di sebelah baratnya tiga titik gempa yang terjadi hari ini, sehingga masih agak sulit untuk menyatakan ini berkaitan atau berasosiasi dengan sesar Cileunyi Tanjungsari. Apakah itu strike-slip atau percabangan itu perlu penelitian lebih lanjut,” ungkapnya. ***

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Pj Bupati Sumedang Apresiasi Capaian SAKIP Kecamatan Surian

12 Juli 2024 - 23:49 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia saat memberikan arahannya dalam Roadshow Pembinaan SAKIP Kecamatan Surian di Aula Kantor Kecamatan Surian, Jumat (12/7/2024).

Pj Bupati Sumedang Ingatkan Camat Surian Tingkatkan Pengawasan PBB

12 Juli 2024 - 23:46 WIB

Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli pada acara Pembinaan SAKIP di Kecamatan Surian. Jumat, (12/7/2024).

Kabid Aset BKAD Sumedang Serahkan 9 Unit Motor Dinas Bertenaga Listrik

12 Juli 2024 - 14:12 WIB

17 Klub Siap Bertanding di Piala Doamu Cup U-45

11 Juli 2024 - 16:34 WIB

Technical Meeting Dony Ahmad Munir Cup di Cafe Si Bungsu Darmaraja, Sumedang. Rabu, 10 Juli 2024.

Sumedang Sedang Bentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah

5 Juli 2024 - 17:23 WIB

Pj. Sekda Sumedang, Tuti Ruswati saat melakukan monitoring Tanah dan Bangunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kantor BRIN Haurngombong, Kecamatan Pamulihan, Jumat (5/7/2024).

Atasi Kemiskinan, Sumedang Luncurkan Kartu TANGKIS

3 Juli 2024 - 21:09 WIB

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang meluncurkan program inovatif bernama Kartu Tangkal Kemiskinan (TANGKIS) sebagai solusi penanganan miskin ekstrem di Sumedang. Peluncuran Kartu TANGKIS diawali dengan tapping kartu oleh Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Yudia Ramli didampingi Forkopimda di Saphire City Park (SACIPA). Rabu (3/7/2024).
Trending di SUMEDANG