16 Jan 2024 20:04 WIB | PENULIS: Fitriyani Gunawan | EDITOR: Fitriyani Gunawan
Pj Bupat Sumedang melantik dan mengukuhkan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Sumedang Masa Bakti 2023-2028 di Gedung Negara Sumedang. Selasa, 16 Januari 2023.
iwan rahmat/SUMEDANG ONLINE
Pj Bupat Sumedang melantik dan mengukuhkan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Sumedang Masa Bakti 2023-2028 di Gedung Negara Sumedang. Selasa, 16 Januari 2023.

SUMEDANG – Pj Bupat Sumedang melantik dan mengukuhkan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Sumedang Masa Bakti 2023-2028 di Gedung Negara Sumedang. Selasa, 16 Januari 2023.

Tampak hadir mantan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, Forkopimda Sumedang Pengurus Karang Taruna Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumedang serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua Karang Taruna Kabupaten Sumedang Yudi Purwana memberikan apresiasi terhadap kinerja Pemkab Sumedang yang cepat tanggap dalam penanganan gempabumi di Sumedang.

“Bahwa di Kabupaten Sumedang di penghujung tahun 2023 juga terkena musibah yakni Gempa yang melanda Kabupaten Sumedang dan kami mengapresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Forkompinda serta semua pihak yang turut serta dan terlibat dalam penanganan musibah. Mudah- mudahan saudara kita di Kabupaten Sumedang terkena musibah, mendapatkan kesabaran yang sakit dapat dipulihkan kembali,” ujar Yudi.

Sesuai tugas dan fungsi karang taruna sebut dia, telah banyak berperan dalam hal kemanusiaan.

“Dan Alhamdulillah bisa bermanfaat kami bisa menggandeng beberapa pihak, salah satunya yaitu yayasan kemanusiaan Jawa Barat atau (Aerocity), dalam hal bantuan tenda untuk beberapa titik lokasi yang terkena dampak gempa dan dalam waktu dekat mohon doa, mudah-mudahan bantuan akan kami raih, kami bekerjasama dengan teman-teman mahasiswa teknik komputer, Universitas Telkom Indonesia untuk menyalurkan dalam membantu meringankan beban saudara- saudara kita, yang terkena musibah,” ungkapnya.

Yudi pun mengaku bangga dapat bergabung dengan karang taruna, lantaran sebut dia karang taruna merupakan sayap pemerintah yang bergerak dalam urusan sosial, khsusnya turut serta dalam menangani masalah kesejahteraan sosial di Kabupaten Sumedang.

“Pada tanggal 16 November 2023 merupakan tonggak sejarah bagi kami dimana kami semua berkumpul dalam satu tujuan yang sama untuk kembali bersama-sama membangun organisasi karang taruna Sumedang melalui temu karya karang taruna ke 5 di Kabupaten Sumedang. Alhamdulillah sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi saya menerima amanah dan secara resmi telah di sahkan oleh kepengurusan karang taruna Jawa Barat serta di kukuhkan dengan surat keputusan Bupati Sumedang Nomor 26 tahun 2024, saat ini 16 Januari 2024 merupakan peristiwa bersejarah bagi kami semoga mulai hari ini, pengurus karang taruna Kabupaten Sumedang masa bakti 2023-2028, bisa melaksanakan tugas dan fungsi organisasi, dengan penuh tanggung jawab, Bekerjasama dengan Pemda Sumedang dan umumnya para pihak yang mempunyai tujuan yang sama yaitu membangun Sumedang ke arah yang lebih baik. Perlu kami sampaikan karang taruna Sumedang, saat ini dengan misi, sakti, yaitu, sejahtera, agamis, kreatif , teladan dan inovatif, dimana misinya insya Allah secara resmi dan secara detail akan kami sampaikan kepada Pj Bupati dalam agenda rapat koordinasi dan kami akan lebih optimal dalam memilih target target,” bebernya.

Dalam urusan sosial yang ada di kabupaten Sumedang. Pihaknya mengaku, menyadari bahwa tidak mudah bergerak dalam menjalankan organisasi ini, tanpa adanya dukungan dan kerjasama dari semua pihak.

“Sehubungan dengan hal tersebut pada kesempatan hari ini, kami mengajak terutama SKPD dan Kecamatan yang ada di Sumedang kiranya dapat memerankan kami menjadi mitra dan atau bagian dari kebijakan yang dilaksanakan di masing masing lingkup kerjanya, khususnya Dinas Sosial Kabupaten Sumedang sebagai pembina Fungsional karang taruna Kabupaten Sumedang,” imbuh dia.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H. Ridwan Solichin memberikan selamat atas pelantika pengurus karang taruna Kabupaten Sumedang, dia berharap setelah dilantik makin ngabret dalam turut serta dalam pembangunan Sumedang.

“Saya anggota DPRD Provinsi Jawa Barat komisi 1 dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera mengucapkan selamat kepada para pengurus yang baru saja dilantik pengurus karang taruna Kabupaten Sumedang mudah-mudahan setelah dilantik menjadi pengurus karang taruna ini semakin ngabret sebagaimana arahan dari PJ Bupati Herman bahwa pemuda hari ini adalah masa depan bangsa maka dari itu kita sangat mengharapkan setelah dilantik Para pengurus karang taruna ini bisa menjalankan program-program dengan sebaik-baiknya untuk bisa memberdayakan para pemuda di Kabupaten Sumedang Sekali lagi sukses dan semangat,” pungkas dia.***

Install SUMEDANGONLINE MOBILE
| Advertorial