Disdik Sumedang Gelar Vidya Caryena, Herman: Harus Bisa Tingkatkan Literasi Masyarakat

iwan rahmat/SUMEDANGONLINE
Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang memberikan penghargaan vidya caryena pada siswa, guru dan tokoh pendidikan yang beprestasi memajukan pendidikan di Kabupaten Sumedang. Kegiatan dipusatkan di GOR Tadjimalela, Sumedang, Rabu (6/3/2024).

SUMEDANG – Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang memberikan penghargaan vidya caryena pada siswa, guru dan tokoh pendidikan yang beprestasi memajukan pendidikan di Kabupaten Sumedang. Kegiatan dipusatkan di GOR Tadjimalela, Sumedang, Rabu (6/3/2024).

Tampak hadir mantan Bupati Sumedang dan Wakil Bupati Sumedang periode 2018-2023 serta para pengawas, Kepala Sekolah dan guru se Kabupaten Sumedang.

Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman dalam sambutannya mengatakan kegiatan yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang tahun ini merupakan tahun ke-2. Merupakan ajang pemberian apresiasi untuk karya-karya pendidikan baik untuk institusi maupun keluarga besar pendidikan untuk guru, pengawas dan sebagainya.

Baca Juga  Kendaraan Sumbu 3 Dilarang Melintas Jalur Sumedang, Selama Perbaikan Jalan Amblas Cireki

“Ini diselenggarakan oleh teman-teman Dinas Pendidikan, tentu saya atas nama Penda Kabupaten Sumedang mengucapkan terima kasih ke Dinas pendidikan dan keluarga besarnya yang telah melaksanakan warning yang bagus ini ajang pemberian penghargaan apresiasi,” ungkap Herman.

Menurut Herman, kegiatan semacam itu dipandangnya bagus, namun jauh lebih bagus lagi bagaimana dengan adanya Vidya Caryena 2 tahun 2024 ini kualitas pendidikan di Kabupaten Sumedang tahun 2024 akan lebih baik dari tahun 2023.

Baca Juga  Pembunuh Ibu Kandung Terancam 15 Tahun Penjara

“Contohnya, untuk indeks literasi harus kita tingkatkan demikian juga untuk indeks numerasi harus di tingkatkan dibandingkan dengan Kabupaten/ kota Jawa Barat. Indeks literasi Sumedang, indeks numerasi Sumedang relatif baik dibandingkan dengan ideal masih jauh. Kenapa ini menjadi sangat penting, karena literasi itu adalah sebuah kunci negara, kunci sebuah daerah. Kalau ingin maju daerahnya, kemiskinannya ingin diturunkan signifikan, penganggurannya ingin turun signifikan bahkan tidak ada kemiskinan, tidak ada pengangguran, maka kuncinya adalah literasi. Kalau masyarakatnya literat dan tentu dimulai dari anak-anaknya literat insya Allah nanti pembangunan di Sumedang akan melesat akan melompat yang akan diuntungkan masyarakat,” tandasnya. ***

Baca Juga  Cegah Penyalahgunaan Narkoba, BNNK-Kemenag Sumedang Teken MoU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK