Hadapi Lonjakan Penumpang, Terminal Ciakar Sumedang Siapkan Bus Cadangan

Fitriyani Gunawan/SUMEDANGONLINE
Sejumlah bus antar kota dalam provinsi saat dilakukan pengecekkan. Senin, 25 Maret 2024.

SUMEDANG – Jelang arus mudik dan balik Lebaran 1445 H Terminal Ciakar Sumedang mulai mempersiapkan diri menghadapi lonjakan penumpang nanti.

“Terkait arus mudik dan arus balik kalau angkutan lebaran tahun 2024 kita telah menyelenggarakan persiapan armada baik itu yang reguler ataupun yang cadangan,” ujar Cahyono selaku Pengawas Satuan Pelayanan Terminal Ciakar Sumedang. Senin, 25 Maret 2024.

Baca Juga  Jelang PON, Jalan Ke Batudua Akan Diperlebar

Dia mengatakan seluruh Perusahaan Oto bus (PO) sudah menyatakan siap menghadapi arus mudik dan balik lebaran terutama dalam mengantisipasi lonjakan penumpang. Di Kabupaten Sumedang sendiri hingga saat ini terdapat 3 perusahaan yang beroperasi yakni CBU, MS dan Arimbi.

“Itu semuanya dari reguler termasuk ada bis cadangan totalnya ada 8 bis untuk antisipasi lonjakan di arus balik. Mulai lonjakan kedatangan penumpang arus mudik diperkirakan biasanya di H-1. Jumlah armada untuk mudik dan arus balik jumlahnya sama. Kalau arus mudik itu hanya kedatangan saja kalau arus balik antisipasi armada ada tambahan cadangan bis diluar reguler biasanya ada 8 cadangan di MS 3, CBU 3 di arimbi 2,” imbuhnya.

Baca Juga  Bupati Sumedang Minta Agar Maulid Nabi Tak Sekadar Seremonial

Ditanya apakah ada program gratis selama arus Mudik dan balik, dia menyebutkan sejauh ini belum ada agenda terkait hal itu.

Baca Juga  Setelah SDN Cijolang, Disdik Sumedang Berharap Pembangunan Dilanjut ke Dua SD Terdampak Tol

“Tahun sebelumnya yang disiapkan angkutan gratis arus mudik gratis itu biasanya dari jakarta. Imbauan semoga di masa Lebaran tahun 2024 ini kita dapat berjalan dengan lancar walaupun persiapan tentunya ada lonjakan karena tidak ada Covid-19 lagi mudah-mudahan aman lancar selamat sampai rumah,” pungkasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK