Hasil Penilaian Kemendikbudristek Rapor Pendidikan Sumedang Naik Signifikan

Angka literasi (kemampuan baca tulis) dan numerasi (kemampuan menghitung) Kabupaten Sumedang kian menanjak. Hal itu menyusul telah keluarnya hasil penilaian capaian literasi dan numerasi pada Rapor Pendidikan Tahun 2023 oleh Kemendikbudristek RI.
iwan rahmat/sumedangkab/SUMEDANGONLINE
Angka literasi (kemampuan baca tulis) dan numerasi (kemampuan menghitung) Kabupaten Sumedang kian menanjak. Hal itu menyusul telah keluarnya hasil penilaian capaian literasi dan numerasi pada Rapor Pendidikan Tahun 2023 oleh Kemendikbudristek RI.

SUMEDANG – Angka literasi (kemampuan baca tulis) dan numerasi (kemampuan menghitung) Kabupaten Sumedang kian menanjak. Hal itu menyusul telah keluarnya hasil penilaian capaian literasi dan numerasi pada Rapor Pendidikan Tahun 2023 oleh Kemendikbudristek RI.

Dalam rapor tersebut disebutkan, penilaian literasi untuk tingkat SD naik dari angka 70,75 di Tahun 2023 menjadi 84,60 di Tahun 2024 dan numerasi dari 53,61 menjadi 79,54.

Di tingkat SMP juga menunjukkan kenaikan dimana angka literasi yang sebelumnya 70,10 pada Tahun 2023 menjadi 80,73 di Tahun 2024. Begitu pula angka numerasi naik dari 48,25 menjadi 76,26.

Baca Juga  #LawanCorona Petani KJA Jatigede Sumedang Semprot Perahu

“Dengan nilai itu artinya bahwa tingkat literasi dan numerasi siswa jenjang SD dan SMP sudah mencapai kategori Baik,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Dian Sukmara, Rabu (20/3).

Menurut Dian, hasil positif tersebut  merupakan pencapaian dari seluruh stakeholders terkait.

“Mendorong kemampuan dan minat baca ini bukan hanya tugasnya Dinas Pendidikan atau Dinas Perpustakaan dan Arsip. Tapi, seluruh unsur dilibatkan agar literasi dan numerasi lebih baik lagi,” katanya.

Oleh karena itu, ia akan terus berupaya menjaga kolaborasi semua unsur agar nilai Rapor Pendidikan Sumedanb terus naik dan semuanya meraih Kategori Baik.

Baca Juga  Meriah Gerak Jalan Sehat HUT Radio Trimekar

“Harapan ke depan dengan meningkatnya capaian ini, literasi dan numerasi di Kabupaten Sumedang akan lebih meningkatkan kualitas pendidikan,” tuturnya.

Senada dengan Kepala Disdik, Pj Bupati Sumedang  Herman Suryatman menyebut bahwa peningkatan indeks literasi dan numerasi untuk SD dan SMP di Sumedang adalah hasil kerja sama dan kerja keras semua pihak.

“Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada keluarga besar dinas pendidikan, khususnya kepada Bapak/Ibu Guru atas dedikasi dan perjuangannya. Juga tak lupa kepada unsur lainnya,” ujarnya.

Baca Juga  PJJ, SMAN 1 Sumedang Terapkan Daring dan Luring

Pj Bupati pun bertekad untuk terus meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi para peserta didik di Kabupaten Sumedang.

“Tentu literasi dan numerasi yang kontekstual agar mereka bukan hanya memiliki pengetahuan tetapi juga keterampilan hidup,” ucapnya.

Herman menambahkan, Indonesia sedang menghadapi bonus demografi dimana komposisi penduduk usia produktif mulai lebih besar.

“Karena itu kita harus persiapkan anak-anak kita menjadi generasi yang unggul dengan kemampuan litersi dan numerasi yang tinggi. Kita manfaatkan peluang bonus demografi itu,” tuturnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK