Bumdesma Rusa Emas Rancakalong Gelar Geo Festival Perdana Tahun 2024

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumedang mewakili Pj Bupati Sumedang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang serta Forkpimcam Rancakalong menghadiri Festival Seni Budaya BUMDESMA Rusa Emas bertajuk "GEO Festival" di Kawasan Geotheater Rancakalong. Rabu, 24 April 2024.
Iwan Rahmat Purnama/SUMEDANGONLINE
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumedang mewakili Pj Bupati Sumedang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang serta Forkpimcam Rancakalong menghadiri Festival Seni Budaya BUMDESMA Rusa Emas bertajuk "GEO Festival" di Kawasan Geotheater Rancakalong. Rabu, 24 April 2024.

SUMEDANG – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumedang mewakili Pj Bupati Sumedang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang serta Forkpimcam Rancakalong menghadiri Festival Seni Budaya BUMDESMA Rusa Emas bertajuk “GEO Festival” di Kawasan Geotheater Rancakalong. Rabu, 24 April 2024.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari diisi dengan berbagai perlombaan salahsatunya Lomba Tarawangsa antar SD se- Kecamatan Rancakalong, hiburan panggung dari SMAN Rancakalong dan hari Kamis Gebyar Senam Massal, Pencak Silat, Gebyar Tari Umbul, se- Rancakalong dengan hiburan kecapi Etnik dari SMKN 1 Sumedang.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan Geo Festival dalam rangka hari jadi Bundesma yang ke-25 karena kita sudah berdiri sejak tahun 1999, kemudian juga kita memperkenalkan bahwa Geo Theather ini sudah dikelola oleh Bumdesma dengan cara salah satunya, menampilkan seni- seni budaya tradisional,” ujar Tatang Cahyana selaku Direktur Bumdesma Rusa.

Dia berharap kegiatan itu dapat menjadi agenda rutin tahunan.

“Mudah-mudahan kedepan ini menjadi salah satu agenda tahunan dan ini yang pertama. Kedepan tahun depan akan dilaksanakan lagi dan rencananya budaya-budaya ini akan ditampilkan di setiap bulan untuk menarik minat wisatawan. Kemudian juga ini dikaitkan dengan hari jadi Sumedang ke 446. Harapannya dengan kegiatan hari ini di Geo Theather yang pertama, Geo Theather lebih dikenal karena secara tidak langsung ini melibatkan masyarakat di sekitar juga mungkin ada yang dari luar juga dan ini menjadi salah satu target bumdesma untuk meningkatkan pendapatan karena seperti tadi disampaikan oleh Pak Kadis Pendidikan bahwa kita ini bukan mencari uang tapi bagaimana berusaha untuk mendatangkan uang,” imbuhnya.

Baca Juga  Warga Citali Diminta Matikan Lampu, Ini Alasannya

Cecep Supriatna selaku Camat Rancakalong memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Dia pun berharap hal itu menjadi momen dalam mengawali Festival Geo Theater, sebagai bentuk atraksi budaya yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Saya atas nama Pemerintah Kecamatan tentu mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dalam hal ini diwakili Pak Kadis PMD disini. Tentu ini bagian dari komitmen jajaran Pemerintah Daerah untuk bisa memberikan dukungan dari support kepada kami di Kecamatan. untuk bagaimana kita mengelola lebih optimal keberadaan Geo Theather. Alhamdulillah Bundesma Rusa Emas diberikan kepercayaan oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk bisa mengelola Geo Theather ini bisa lebih optimal. Saya kira hari ini adalah momen yang paling istimewa bagaimana mengawali dilaksanakan Festival Geo Theather ini bagaimana atraksi budaya kita tampilkan dan tentu harapannya ini bisa berdampak untuk kesejahteraan masyarakat. jadi nanti mungkin UMKM bisa tumbuh kemudian kawasan wisata pun bisa hadir disini sehingga Geo Theather ini kembali terangkat kemudian wisata bisa tumbuh di area sini,” ungkapnya.

Baca Juga  Sehari Jelang Pembukaan MPP Sumedang, Petugas Loket Dirapid

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumedang Asep Aan Dahlan, Asep memberikan apresiasi pada kegiatan yang digagas Bumdesmas Rusa Emas Kecamatan Rancaklong tersebut.

Apalagi sebut dia, Bumdesma Rusa Emas Kecamatan Rancakalong merupakan salahsatu Bundesma terbaik di Kabupaten Sumedang dan sudah berbadan hukum sehingga tidak saja mengelola dana bergulir, tapi bisa mendirikan unit unit usaha lainnya. Salah satunya adalah dengan melaksanakan perjanjian kerjasama dengan Kabupaten Sumedang yaitu mengelola Geo Theather.

“Dan Geo Theather ini merupakan kebanggaan Kabupaten Sumedang. Saya berharap dengan kegiatan festival Geo theater ini yang dilaksanakan oleh Bumdesma ini bisa terkelola dengan baik sehingga ini menjadi objek pariwisata yang ada di Kabupaten Sumedang khususnya di Kecamatan Rancakalong. Festival Theather ini salah satu promosi atau atraksi yang menjadi pointer di pariwisata ini sehingga ada beberapa poin tadi yang diusulkan oleh pak Direktur salah satunya sarana Prasarana. insya Allah kita akan komunikasikan dengan pimpinan sehingga beberapa sarana yang diperlukan dari hari ini ke depan. Mudah-mudahan bisa terlaksana dengan baik untuk ke depan sehingga Saya harap bersama dengan pak Camat event- event ini tidak saja dilaksanakan pada hari ini tapi harus dilakukan secara rutin sehingga Rancakalong ini memiliki kaya budaya, kaya seni yang bisa ditampilkan di Geo Theather ini Sehingga Bumdesma ini bisa mendatangkan devisa untuk Bumdesma itu sendiri sehingga tentunya juga bisa meningkatkan pendapatan bisa bertransformasi dengan kegiatan-kegiatan usaha lainnya,” pungkasnya. ***

Baca Juga  Omnibus Law Disahkan, Emil: Mari Awasi UU Cipta Kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK