Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 22 Mei 2024 19:44 WIB ·

3 Desa Baru di Sumedang Bakal Terbentuk, Salahsatunya Galuh Pakuan

Reporter: Fitriyani Gunawan | Editor: Fitriyani Gunawan


 Tiga desa persiapan di Kabupaten Sumedang dinyatakan memenuhi persyaratan untuk membentuk desa baru menyusul Tim Penataan Desa Provinsi Jawa Barat telah tuntas melakukan peninjauan lapangan. Perbesar

Istimewa/SUMEDANG ONLINE
Tiga desa persiapan di Kabupaten Sumedang dinyatakan memenuhi persyaratan untuk membentuk desa baru menyusul Tim Penataan Desa Provinsi Jawa Barat telah tuntas melakukan peninjauan lapangan.

SUMEDANGONLINE – Tiga desa persiapan di Kabupaten Sumedang dinyatakan memenuhi persyaratan untuk membentuk desa baru menyusul Tim Penataan Desa Provinsi Jawa Barat telah tuntas melakukan peninjauan lapangan. Selanjutnya, kode register ketiga desa persiapan tersebut kini telah siap dan tinggal ditandatangan Gubernur Jawa Barat. Ketiga desa tersebut adalah adalah desa persiapan Galuh Pakuan, desa persiapan Pasir Padang dan desa persiapan Pananjung.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Sumedang Dadang Rustandi mengatakan kalau saat ini kode register desa sudah ada di meja Gubernur Jabar.

“Ya untuk kode register desa ketiga desa persiapan saat ini tinggal ditandatangan Gubernur,” kata Dadang. Rabu, 22 Mei 2024.

Dadang menambahkan, berdasarkan informasi dari Pemprov Jabar untuk penyerahan kode register desa ketiga desa persiapan itu akan dilakukan sekitar akhir Mei atau awal Juni 2024 nanti.

“Untuk penyerahan akan dilakukan langsung oleh gubernur kepada bupati disaksikan camat dalam acara resmi di kantor gubernur,” jelas Dadang.

Lebih lanjut disampaikan Dadang, ketika kode register desa persiapan telah diterima maka bupati akan mengangkat Pj kepala desa persiapan yang akan bertugas menyiapkan perangkat desa pembangunan sarana prasarana hingga terbentuknya desa devinitif.

Sementara itu, berbagai persiapan dan persyaratan menuju desa persiapan ini memang tidak mudah, pihaknya juga membutuhkan waktu 1 tahun lebih dari rencana usulan pemekaran desa hingga terbentuknya desa persiapan. ***

Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Ayi: Baznas Sumedang Masih Terima Titipan Hewan Kurban

13 Juni 2024 - 18:17 WIB

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ayi Subhan Hafas

Kemenag Sumedang Kembangkan Kampung Moderasi Beragama

13 Juni 2024 - 13:37 WIB

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan Kampung Moderasi Beragama di KabupatenSumedangTahun 2024 di Aula Gedung Sarana Penunjang Pendidikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Baznas dan PWRI Sumedang Luncurkan Progam Z-Smart

13 Juni 2024 - 13:29 WIB

PWRI dengan Baznas Kabupaten Sumedang meluncorkan program Z-Smart (Spiritial Motivation Fun Integrated) Pengajian Terpadu Riang Gembira di Aula Baznas Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Jelang Idul Adha, Baznas Sumedang Luncurkan Program Kurban Online

12 Juni 2024 - 20:24 WIB

Baznas Kabupaten Sumedang Kembali meluncurkan program kurban online jelang Idul Adha 1445 H.

Pj Bupati Sumedang Minta DPMPTSP Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

12 Juni 2024 - 19:54 WIB

Yudia Ramli selaku Pj Bupati Suedang saat melakukan monitoring sekaligus silaturahmi ke DPMPTSP Kabupaten Sumedang. Rabu (12/5/2024).

Kadinsos Sumedang Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional

11 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumedang menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2024 dengan tema "Lansia Sehat, Terawat, Mandiri dan Produktif" di Halaman Yayasan Handjuang Mekar Indonesia Dusun Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Selasa, 11 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG