Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 21 Mei 2024 13:02 WIB ·

Desa Karangpakuan Bentuk Pokdarwis Tembong Agung

Reporter: Fitriyani Gunawan | Editor: Fitriyani Gunawan


 Pembentukan Pokdarwis Tembong Agung. Perbesar

Istimewa/dok.pribadi/SUMEDANG ONLINE
Pembentukan Pokdarwis Tembong Agung.

SUMEDANG – Desa Karangpakuan, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang akhirnya memiliki Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Menurut Ketua Pokdarwis terpilih, Haris mengatakan rencana dibentuknya Pokdarwis sudah lama diwacanakan namun selalu jalan di tempat. Akhirnya pada Kamis, 25 April 2024 dilakukan rapat pembentukan Pokdarwis yang dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dan pemerintah Desa Karangpakuan. Turut hadir pula perwakilan dari Disparbudpora Sumedang.

“Dengan adanya Pokdarwis ini maka plot wisata yang ada di Karangpakuan di harapkan dapat berkembang,” ujar Haris dalam keterangannya.

Dikatakan Haris, nama besar Tembong Agung menjadi nama Pokdarwis Desa Karangpakuan.

“Dinamai Pokdarwis Tembong Agung karena mengangkat unsur history kerajaan yang pernah ada di kawasan ini dulunya,” ungkapnya.

Angga Firmansyah selaku tokoh masyarakat di desa tersebut mengatakan, plot wisata di Desa Karangpakuan sebelumnya hanya hasil dari swadaya masyarakat seperti hal nya Pasirtugaran yang sempat viral di tahun 2017 an.

“Namun sayangnya, tidak ada dukungan dari pemerintah daerah setempat. Maka di bentuklah Pokkdarwis untuk menghidupkan kembali plot plot wisata yang ada di daerah Karangpakuan,” imbuh Angga.

Sebagai informasi sebut dia ada beberapa plot wisata yang ada di karangpakuan diantaranya Pasirtugaran, Basisir Muda Demang, Pesisir Ancol dan Cinawing.

Perwakilan Disparbudpora, Ajat Sudarajat memberikan apresiasi terhadap pembentukan Pokdarwis Tembong Agung selain itu dia juga memberikan arahan dan kiat kiat membangun destinasi wisata. ***

 

 

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Ayi: Baznas Sumedang Masih Terima Titipan Hewan Kurban

13 Juni 2024 - 18:17 WIB

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ayi Subhan Hafas

Kemenag Sumedang Kembangkan Kampung Moderasi Beragama

13 Juni 2024 - 13:37 WIB

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan Kampung Moderasi Beragama di KabupatenSumedangTahun 2024 di Aula Gedung Sarana Penunjang Pendidikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Baznas dan PWRI Sumedang Luncurkan Progam Z-Smart

13 Juni 2024 - 13:29 WIB

PWRI dengan Baznas Kabupaten Sumedang meluncorkan program Z-Smart (Spiritial Motivation Fun Integrated) Pengajian Terpadu Riang Gembira di Aula Baznas Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Jelang Idul Adha, Baznas Sumedang Luncurkan Program Kurban Online

12 Juni 2024 - 20:24 WIB

Baznas Kabupaten Sumedang Kembali meluncurkan program kurban online jelang Idul Adha 1445 H.

Pj Bupati Sumedang Minta DPMPTSP Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

12 Juni 2024 - 19:54 WIB

Yudia Ramli selaku Pj Bupati Suedang saat melakukan monitoring sekaligus silaturahmi ke DPMPTSP Kabupaten Sumedang. Rabu (12/5/2024).

Kadinsos Sumedang Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional

11 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumedang menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2024 dengan tema "Lansia Sehat, Terawat, Mandiri dan Produktif" di Halaman Yayasan Handjuang Mekar Indonesia Dusun Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Selasa, 11 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG