Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 27 Mei 2024 09:46 WIB

Kaya akan Prestasi, SMPN 3 Sumedang Mampu Kembangkan Potensi Siswa

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Kepala SMP Negeri 3 Sumedang, Mulyawan, memberikan penghargaan pada siswa-siswi yang telah mendapatkan juara melalui perlombaan baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten, seperti Drumb band, Paskibra, O2SN, FLS serta FLS2N di Lapang Upacara SMP Negeri 3 Sumedang. Senin, 27 Mei 2024. Perbesar

Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE
Kepala SMP Negeri 3 Sumedang, Mulyawan, memberikan penghargaan pada siswa-siswi yang telah mendapatkan juara melalui perlombaan baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten, seperti Drumb band, Paskibra, O2SN, FLS serta FLS2N di Lapang Upacara SMP Negeri 3 Sumedang. Senin, 27 Mei 2024.

SUMEDANGONLINE – Kepala SMP Negeri 3 Sumedang, Mulyawan, memberikan penghargaan pada siswa-siswi yang telah mendapatkan juara melalui perlombaan baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten, seperti Drumb band, Paskibra, O2SN, FLS serta FLS2N di Lapang Upacara SMP Negeri 3 Sumedang. Senin, 27 Mei 2024.

Mulyawan merinci, untuk lomba drumband pihaknya meraih Juara Umum se- Jawa Barat di Cirebon, Cabang Lomba Paskibra di SMA Negeri 1 Sumedang tingkat Jawa Barat meraih 3 Tropi diantaranya Juara madya 1, juara Purwa 2 dan juara terfavorit.

Untuk O2SN Cabang Atletik se-Kabupaten Sumedang mendaptkan medali emas nomor lompat jauh, medali perunggu nomor tolak peluru dan Cabang Silat TGR se- Kabupaten Sumedang mendapatkan medali perak.

Sedangkan untuk FLS tingkat wilayah 2 Sumedang antara lain Cabang lomba menulis esai juara 2 melaju ke tingkat Kabupaten serta Cabang lomba menulis pantun juara harapan 1 dan English Speech Contest Juara 3. Sementara untuk FLS2N tingkat Wilayah 2 Sumedang Ansambel musik campuran juara 3.

“Kami merasa bangga dengan apa yang telah diraih oleh anak-anak pada saat ini di mana ada beberapa prestasi yang diraih oleh tim. Adapun itu ada beberapa event dan kami itu membina beberapa ekstrakurikuler yang tentu ini dikelola dengan sungguh-sungguh, artinya bakat dan minat anak-anak itu sangat tersalurkan dengan hal-hal yang berkaitan dengan apa yang dikelolanya di ekstrakurikuler itu,” kata Mulyawan.

Hal itu lanjutnya tak terlepas dari hebatnya pelatih maupun pembina yang melaksanakan tugasnya dengan penuh itu tanggung jawab.

“Sehingga proses- proses itu sangat penuh dengan tanggungjawab sesuai program yang di awal sudah serahkan ke pihak sekolah program ektrakurikuler itu maka berkat proses itu menghasilkan beberapa prestasi seperti sekarang saat ini,” imbuhnya.

Meski demikian, pihaknya tetap akan melakukan evaluasi untuk mempertahankan yang sudaj baik dan memperbaiki yang kurang.

“Pesan kepada para siswa Jadi kami pihak sekolah sangat berkewajiban untuk mendidik, membina, memotivasi, memupuk segala potensi yang ada di dirinya sehingga apa yang ada dirinya itu akan berkembang salah satu tanggung jawab sekolah. Maka anak-anakku jangan ragu untuk terus berproses berpendidikan di SMP 3 Sumedang ini sehingga potensi itu tampakan kami gali sehingga secara optimal itu akan tergali semuanya akan muncul segala potensi itu apa yang diharapkan dia apa yang menjadi minat dia itu akan terpupuk dan tersalurkan di sini,” pungkasnya.

Wakasek Bidang Kesiswaan Ermansyah bersyukur atas prestasi yang diraih anak didiknya tersebut. Disebutkan pilihan yang tepat masuk SMPN 3 Sumedang karena di sekolah ini dapat mengembangkan potensi potensi siswa melalui kegiata ekstra kurikuler.

“Kami fasilitasi untuk siswa-siswa sesuai dengan minat bakatnya. Hampir 18 ektrakurikuler di sini semuanya aktif dan kami terprogram setiap pelatihannya, setiap untuk event-nya atau lombanya. Kami, semuanya alhamdulillah di sini terprogram dan ini juga berkat kerjasama antara orang tua siswa juga juga dengan pihak sekolah yang selalu mensupport untuk kegiatan lomba-lomba tersebut,” ujar Ermansyah.

Bahkan lanjutnya, hampir setiap 2 minggu sekali atau satu bulan sekali selalu ada tropi atau piala yang di berikan oleh siswa-siswi.

“Alhamdulillah kami ucapkan sekali lagi mudah-mudahan kami terus selalu bersemangat dan bisa lebih banyak lagi membentuk karakter siswa yang sangat diperlukan untuk masa depan siswa itu juga terima kasih SMPN 3 Sumedang telah membuka jalur prestasi, untuk siswa siswi kelas 7 yang mau mengembagkan bakatnya baik di bidang olahraga, PAI, Bahasa, Seni, kami akan sangat mendukung sebagai Implementasi dari kurikulum merdeka, kami akan memberikan keleluasaan untuk berlatih dan bertanding, dan Alhamdulillah sudah banyak atlet-atlet atau siswa siswi yang berprestasi baik di bidang olahraga, Seni, Bahasa, PAI baik ditingkat Kabupaten, tingkat Jawa barat, bahkan tingkat Nasional,” pungkasnya. ***

Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Di Pasir Landak Sumedang Ditemukan Batu Columnar Joint yang Timbulkan Nada Unik

23 Juni 2024 - 04:37 WIB

Kepala Bidang Kebudayaan, Moh. Budi Akbar, saat meninjau langsung batu columnar joint di Pasir Landak di Desa Nagrak, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang.

Kesenian Abad XV, Terbang Buhun Pusaka Karuhun Masih Tetap Eksis

22 Juni 2024 - 04:55 WIB

Penampilan Grup Seni Terbang Buhun Pusaka Karuhun saat pentas di Acara Ngabungbang. Kamis, 20 Juni 2024 malam.

Melalui Program SAMAWANA, Pj. Bupati Sumedang Sumbang Bibit Ayam Ternak

22 Juni 2024 - 03:43 WIB

Yudia Ramli selaku Pj. Bupati Sumedang menyerahkan langsung bibit ayam ternak tersebut saat saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Cimalaka. Jum'at (21/6/2024).

Pj Bupati Sumedang Puji Program SAMAWANA, Berharap Dapat Diikuti Kecamatan Lainnya

21 Juni 2024 - 20:26 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat meninjau pengelolaan perkebunan pisang di Desa Cibeureum Wetan, Kecamatan Cimalaka dalam program Sehari Bersama Warga nu Nyata Mangpaatna (SAMAWANA). Jumat (21/6/2024).

Peringatan 2 Tahun SCC, Diisi Pasar Seni Ekonomi Kreatif Sumedang 2024

21 Juni 2024 - 15:21 WIB

Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-2 Gedung Sumedang Creative Center (SCC). Kamis, 20 Juni 2024.

Pj Bupati Sumedang, Apresiasi Kinerja Satpol PP, Satlinmas dan Damkar

20 Juni 2024 - 16:24 WIB

Seremonial Pemusnahan Rokok Ilegal dan Minuman mengandung ethil Alkohol di Lapang Upacara Pusat Pemerintahan Sumedang. Kamis, 20 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG