Menu

Mode Gelap

Politik · 8 Jun 2024 23:49 WIB ·

Ketua KPU Beberkan Makna “Kujang dan Tahu” pada Maskot Pilkada Sumedang

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang meluncurkan jingle dan mascot pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Tahun 2024 di Halaman Pusat Pemerintahan Sumedang. Sabtu, 8 Juni 2024 malam. Perbesar

Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang meluncurkan jingle dan mascot pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Tahun 2024 di Halaman Pusat Pemerintahan Sumedang. Sabtu, 8 Juni 2024 malam.

SUMEDANGKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang meluncurkan jingle dan mascot pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Tahun 2024 di Halaman Pusat Pemerintahan Sumedang. Sabtu, 8 Juni 2024 malam.

“Tadi kami telah melakukan peluncuran untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumedang tahun 2024 kami meluncurkan jingle dan maskot. Maskot kami ada Suma dan Sumi, Suma untuk maskot laki-laki yaitu Sumedang-Madangan, sedangkan sumiah untuk maskot perempuan Sumedang memilih arti dari suma itu adalah Sumedang Mandangan artinya harapan kami bahwa nanti kepala daerah yang terpilih akan menjadi sosok yang menerangi. Menerangi artinya adalah memberikan harapan; kemudian mewujudkan harapan masyarakat menjadi Sumedang maju sejahtera dan bahagia dan lain lain. Sedangkan Sumi adalah ajakan bagi warga yang ada di Sumedang untuk datang ke TPS untuk memilih jadi datang ke TPS memilih pemilih pemimpin yang nantinya akan mewujudkan harapan-harapan masyarakat,” ujar Ogi Ahmad Fauzi selaku Ketua KPU Kabupaten Sumedang usai peluncuran jingle dan maskot sekaligus pemberian hadiah bagi para pemenang lomba jingle dan maskot.

Ogi pun memberikan alasan kenapa dipilih TAHU dan Kujang Sapasang sebagai maskot alasannya lantaran Tahu Sumedang merupakan salahsatu makanan khas masyarakat Sumedang yang paling banyak disukai.

“Kita relasikan bahwa Pilkada itu adalah pesta rakyat; maka ketika pesta rakyat, rakyat itu harus memiliki keterlibatan yang banyak TAHU, TAHU itu kan banyak penikmatnya; banyak penyukanya. Semakin banyak yang datang ke TPS dalam Pilkada semakin legasi pemerintahannya. Semakin banyak juga yang suka TAHU kan. Jadi relasinya adalah TAHU itu adalah makanan yang banyak disukai oleh masyarakat; maka harapan semakin banyak juga orang yang datang ke TPS. Selain itu adalah TAHU ini adalah makanan yang dikenal khas Sumedang harapannya nanti Sumedang juga akan menjadi kabupaten yang me-Nasional,” imbuhnya.

Sedangkan untuk Kujang Sepasang memiliki makna menunjukkan sosok ketegasan, sosok ksatria.

Artikel ini telah dibaca 83 kali

Baca Lainnya

Junjung Tinggi Toleransi, Meski Beda Keyakinan Tak Jadi Alasan Bang Ara Tetap Peduli

18 Juni 2024 - 19:31 WIB

Sahabat Bang Ara yang berasal dari sejumlah komunitas berfoto bersama sambil memperlihatkan paket daging kurban. Selasa, 18 Juni 2024.

Dony Ahmad Munir Bocorkan Kriteria Calon Wakil Bupati Sumedang Pendampingnya

17 Juni 2024 - 12:02 WIB

Dony Ahmad Munir berfoto bersama dengan jajaran IJTI Sumedang.

Besok, Sabara Sumedang Berbagi Daging Kurban

17 Juni 2024 - 11:39 WIB

Ketua Sahabat Bang Ara (Sabara) Sumedang, Andi Lesmana, menyebutkan Sabara Sumedang berencana akan memotong satu ekor sapi kurban pada Selasa, 18 Juni 2024.

DPD PAN Sumedang Sebar 12 Plus 1 Sapi Kurban dari Kang Fajar dan Neng Farah

16 Juni 2024 - 18:08 WIB

DPD PAN Kabupaten Sumedang kembali menyebar hewan kurban, tahun ini politisi PAN Muhammad Fajar Aldila bersama Farah Puteri Nahlia, Anggota DPR RI dari PAN, menyerahkan 12 ekor sapi kurban ditambah 1 ekor sapi untuk disebar di Kabupaten Sumedang.

KPU Sumedang Buka Pendaftaran Petugas Pemutakhiran Data Pemilih

14 Juni 2024 - 17:35 WIB

KPU Sumedang Buka Pendaftaran Petugas Pemutakhiran Data Pemilih

Ketua KPU Sumedang Bidik Angka Partisipasi Pemilih pada Pilkada Serentak Bisa Tembus 82%

8 Juni 2024 - 23:58 WIB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang meluncurkan jingle dan mascot pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Tahun 2024 di Halaman Pusat Pemerintahan Sumedang. Sabtu, 8 Juni 2024 malam.
Trending di Politik