Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 6 Jun 2024 12:07 WIB ·

Terkait Dana Gempa Belum Cair, Pj. Sekda Sumedang: Masih Proses Mekanisme Pencairan

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Tuti Ruswati Perbesar

Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE
Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Tuti Ruswati

SUMEDANG – Penjabat Sekda Sumedang, Tuti Ruswati, memberikan tanggapan berkait adanya keluhan warga yang mempertanyakan kapan cairnya bantuan untuk korban terdampak Gempa Bumi Tektonik di Kabupaten Sumedang.

Pasalnya menurut Apep Winarya selaku Ketua RT 001 RW 003 Kelurahan Cipameungpeuk Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang yang juga merupakan korban terdampak gempa bumi pihaknya hingga saat ini baru mendapatkan bantuan berupa sembako, sementara untuk rehab bangunan hingga saat ini belum jelas kapan cairnya.

Menanggapi hal tersebut, Tuti menyebutkan, saat ini proses pencairan dana gempa masih dalam proses pencairan. Pihaknya pun meminta warga untuk memberikan Waktu sekira satu minggu ke depan.

“Sedang proses di Perkim, terkait mekanisme pencairan untuk gempa. Jadi, mohon waktulah satu minggu ini kita memproses mekanisme pemberian pembangunan rumah,” ujar Tuti Ruswati saat ditemui Reporter SUMEDANGONLINE. Kamis, 6 Juni 2024.

Untuk proses pencairan tersebut, nantinya sebut Tuti akan dibentuk tim gabungan dari Perkim, BPBD dan PUPR.

Disinggung kenapa sampai terlambat, menurut Tuti hal itu karena harus melakukan proses administrasi.

“Sampai terlambat itu karena proses administrasi di BNPB. Harapannya pada warga bisa bersabar, karena ternyata mekanisme untuk pencairan dana gempa ini tidak serta merta diberikan uang 60 juta langsung, tidak seperti itu, tapi ada mekanisme seperti yang tercantum alam peraturan Menteri PUPR,” pungkas dia. ***

Artikel ini telah dibaca 36 kali

Baca Lainnya

Jelang Idul Adha, Baznas Sumedang Luncurkan Program Kurban Online

12 Juni 2024 - 20:24 WIB

Baznas Kabupaten Sumedang Kembali meluncurkan program kurban online jelang Idul Adha 1445 H.

Pj Bupati Sumedang Minta DPMPTSP Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

12 Juni 2024 - 19:54 WIB

Yudia Ramli selaku Pj Bupati Suedang saat melakukan monitoring sekaligus silaturahmi ke DPMPTSP Kabupaten Sumedang. Rabu (12/5/2024).

Kadinsos Sumedang Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional

11 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumedang menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2024 dengan tema "Lansia Sehat, Terawat, Mandiri dan Produktif" di Halaman Yayasan Handjuang Mekar Indonesia Dusun Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Selasa, 11 Juni 2024.

Pj Bupati Sumedang Berharap DMI Mampu Tingkatkan Fungsi Masjid

11 Juni 2024 - 17:58 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat membuka Talkshow Peningkatan Sinergitas dan Kolaborasi Kemasjidan di Aula Islamic Center Sumedang. Selasa (11/6/2024).

Masjid Besar di Kabupaten Sumedang Bakal Terima Bantuan Mimbar

11 Juni 2024 - 17:53 WIB

Yudia Ramli selaku Pj BupatiSumedang saat membuka acara talkshow yang digelar Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Aula Islamic Center Sumedang. Selasa (11/6/2024).

Voucher Belanja Pangan untuk Keluarga Miskin Ektrem Dibagikan Sebelum 1 Juli

10 Juni 2024 - 22:09 WIB

Pemda Kabupaten Sumedang segera meluncurkan voucher untuk masyarakat miskin ekstrem di Kabupaten Sumedang. Rencananya voucher tersebut akan diluncurkan Pj Bupati Sumedang sebelum tanggal 1 Juli kepada 10.082 jiwa (3.083 KK) warga miskin ektrem sebesar Rp. 75.000/jiwa setiap bulannya.
Trending di SUMEDANG