Home / SENI DAN BUDAYA

Rabu, 21 April 2010 - 17:02 WIB

Gotong Domba Kesenian Khas Cikeruh



Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Menghadiri Seren Tahun

sumedangonline – Rabu. Gedung Negara–Jika subang mempunyai kesenian Kuda Singa, maka Sumedang khususnya kecamatan Cikeruh, mempunyai kesenian unik yang sudah ada sejak abad ke-18, kesenian tersebut adalah Gotong Domba.

Sama halnya dengan Kuda Singa, kesenian ini pun ditandu oleh 4 orang yang menggotong domba – domba-an. Diiringi dengan gamelan dan tari – tari cikeruhan

Baca Juga  Dony Akan Ada Pagelaran Seni Setiap Bulan

Menurut Supriatna (55), pelestari kesenian Gotong Domba, menyebutkan bahwa kesenian tersebut menurutnya hampir punah, untuk mengatisipasi hal tersebut dirinya sekarang sedang melatih anak – anak muda di Kecamatan Cikeruh untuk dapat me-mirig kesenian Gotong Domba.

Baca Juga  Kujang

“Esensinya pukulan kendang dan gesekan kacapi rebab. Kacapi rebab, sekarang sudah diturunkan ke anak-anak usia 18 tahun. Kendang sudah diturunkan ke usia – usia 30,27,28 dan 17” Ujar Supriatna kepada sumedangonline usai memberikan moderasi kecamatan Kecamatan Cikeruh dalam acara Seren Tahun ke 432, Rabu 21 April 2010.

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Asep Kurnia Doakan Hayati Makin Semangat
Forum Komunikasi Pariwisata Sumedang menyampaikan keluhan pada Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir, jika selama pandemi PSBB dan PPKM telah berdampak besar pada sektor wisata. Selasa, 3 Agustus 2021.

SENI DAN BUDAYA

Pelaku Usaha Curhat ke Bupati, PSBB-PPKM Berdampak Pada Sektor Wisata

SENI DAN BUDAYA

Keris Ki Dukun

SENI DAN BUDAYA

Rio, Lebih Bagus dari Penyanyi Aslinya

Pilihan Redaksi

Selamat Pemprov Jabar terima Lima sertifikat Warisan Budaya Tak Benda

Pilihan Redaksi

Ade Apresiasi Jatigede Art Festival

SENI DAN BUDAYA

Gamelan Parakan Salak

SENI DAN BUDAYA

Hajat Lembur Cijatihilir