Home / ARSIP

Rabu, 13 Juli 2011 - 10:37 WIB

Latihan Paskibra, Pake Masker



Tampak Seorang Paskibra memakai masker saat latihan di alun-alun Situraja. Foto:Igun Gunawan

SITURAJA – Ada yang unik dalam latihan pasukan pengibar bendera (Paskibra) SMA Negeri Situraja di alun-alun Situraja, Selasa (12/07) kemarin. Siswa yang rata-rata kelas 2 dan 3 itu, hampir semuanya menggunakan masker hidung.

“Alasannya karena debu tanah di alun-alun Situraja ini berhamburan ditiup angin,” kata Asep Ahmad Dhani Pelatih Paskibra Angkatan 98, yang dengan tekun memberikan pengarahan.

Asep mengatakan, latihan tersebut dilakukannya lebih awal selain sebagai sarana untuk memantapkan anak latih dalam hal baris berbaris juga dalam persiapan upacara pengibaran bendera di HUT RI yang akan datang, sekaligus persiapan mengikuti Lomba Baris Berbaris di UNJANI Cimahi se-pulau Jawa memperebutkan Piala Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

”Ini sebagai persiapan dalam pengimbaran bendera di hari ulang tahun RI, karena bertepatan dengan bulan Ramdhan, kasihan juga kalau anak-anak yang lagi puasa disuruh latihan, makanya waktu latihannya kita majukan sekarang. Selain itu latihan sekarang pun sebagai persiapan mengikuti Lomba Baris Berbaris se-Pulau Jawa yang diselenggarakan UNJANI Cimahi,” paparnya.

Baca Juga  Longsor Cicapar, Petugas Akan Turunkan Damkar

SMA Negeri Situraja, aku Asep, setiap tahunnya selalu diminta oleh Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) Kecamatan Situraja sebagai pengibar bendera. Selain karena memang hanya satu-satunya SMA Negeri yang ada di Situraja, juga karena SMA Negeri Situraja kaya akan prestasi.

“Paskibra SMA Negeri Situraja pernah meraih juara I Muda tingkat Nasional dalam Lomba Baris Berbaris Indonesia (LBBI) di Kedawung Cirebon. SMA Negeri Situraja juga sebagai penyelenggara LKBB antar SMP tingkat Jawa Barat yang rutin dilakukan setiap tahun.”Ungkapnya Bangga.

Baca Juga  Dibalik Tampomas Yang Meranggas

Tidak hanya dalam hal baris-berbaris, kelompok paskibra yang dinamai Pasukan Putra Putri Siliwangi itu juga mempunyai cabang wirausaha, seperti penjualan makanan ringan dan minuman dingin, selain itu ada beberapa kegiatan yang bekerjasama langsung dengan provider GSM ternama Indosat.

“Kami juga ada POKJARPAS (Kelompok Belajar Paskibra, red.) salahsatu bidang ajarannya English Club, dan Sains Club, pengajarnya selain Pembina paskibra juga dari para Alumni itu sendiri,” tuturnya.

Bahkan, lanjutnya, Futsal Club SMA Negeri Situraja, konon dijadikan Pilot Project Pembinaan Anggota Satuan Paskibra di Kabupaten Sumedang.”Alhamdulillah semua fasilitas paskibra di SMA Negeri Situraja telah memadai, dari mulai kantor dan alat tulis kantor,” paparnya.

Mei 2011 lalu, 3 orang Paskibra SMA Negeri Situraja, Ari Sumbowo, Nurul Jannah dan Rizki RJ bergabung dengan Paskibra Kabupaten Sumedang.(igun gunawan)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

ARSIP

Pedagang Bendera Sepi Pembeli

ARSIP

JUMLAH SUKWAN TERUS BERTAMBAH

ARSIP

Sumedang ‘The Show Must Go ON’

ARSIP

Terlambat Bikin Akta Denda 1 Juta

ARSIP

Warga Sumedang Bangga Ali Sadikin dicalonkan Pahlawan

ARSIP

Abu Vulkanik ‘Merapi’ Sampai Sumedang

ARSIP

Rumah dibantaran Sungai Cipeles dikunjungi Air

ARSIP

Lomba Pidato Basa Sunda SLTA