Home / DAERAH

Senin, 19 Desember 2011 - 23:02 WIB

Perlu Pengkajian, Canangkan Asal Karinding



SITURAJA – Sumedang berhasil menorehkan prestasi di buku MURI, 515 pekarinding mampu tampil memukau dalam rangka reuni akbar ke-17 Universitas Padjajaran angkatan tahun 1994, di Bale Santika, Kampus Jatinangor, Sabtu (17/12).

Bahkan pada saat bersamaan Wakil Bupati Sumedang, H Taufik Gunawansyah SIP, MSI, dalam wawancara dengan sejumlah wartawan, merencanakan mengangkat wilayah Kecamatan Cimanggung sebagai salahsatu daerah asal karinding.

Baca Juga  Didi, Korban Tabrak Lari Hingga Tewas

Hal tersebut disambut baik sejumlah seniman karinding, seperti oleh Komunitas Balungbang Ilustrasi Sunda Kreative (ISUK). ISUK merupakan komunitas yang hingga saat ini aktif memproduksi dan membudayakan karinding di wilayah Situraja dan sekitarnya.

Namun, Isuk menyarankan Pemerintah Kabupaten Sumedang sebelum menetapkan Cimanggung sebagai daerah asal Karinding harus terlebih dahulu melalui seminar, apalagi selain Sumedang ada daerah lain yang meng-klaim sebagai daerah asal Karinding, seperti Kabupaten Garut.

Baca Juga  Pesta Kelulusan Berakhir Duka

“Karinding sudah beberapa abad ada, sedangkan Cimanggung?, pada dasarnya saya pribadi tidak setuju, karena ini perlu di seminarkan terlebih dahulu, karena orang garut pun mengklaim sebagai daerah asal karinding,” papar Ayat Suteja, dari Komunitas ISUK, Minggu (18/12).(fitri)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

DAERAH

Antisipasi Longsor, TPT Diperbaiki PU Kab. Sumedang

DAERAH

OTD Jatigede Minta Revisi Perpres Jatigede

DAERAH

Ahmad Dhani: Saya Keturunan Sumedang

DAERAH

Pa kuwu ini sempat selfie sebelum dilantik

DAERAH

Khitanan Massal di Pengajian Al-Hidayah

DAERAH

Radio Trimekar FM Peduli Korban Bencana Alam

DAERAH

Ramadhan ke-23, Opik Tausyiah di Jatinunggal

DAERAH

Carry Nyelonong, Masuk Rumah