Home / KABAR DARI GEDUNG NEGARA / Pilihan Redaksi

Rabu, 16 November 2016 - 02:17 WIB

Peluncuran PPK BLUD Puskesmas Tandai Upacara HUT HKN



SUMEDANGONLINE: Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2016 yang digelar di Lapang Upacara IPP, Senin (14/11), ditandai dengan peluncuran Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di 35 UPTD Puskesmas dan UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah oleh Bupati H. Eka Setiawan.

Dalam upacara tersebut Bupati menyerahkan secara simbolis SK Bupati Sumedang Nomor: 440/KEP.390-DINKES/2016 tentang Penetapan UPTD Puskesmas dan UPTD Laboratorium Sebagai Unit Kerja yang Menerapkan PPK BLUD Penuh kepada Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah, Kepala Puskesmas Rawat Inap Sukamantri, dan Kepala Puskesmas Cimanggung. Pelepasan balon ke udara juga turut menandai diluncurkannya program yang akan mulai berlaku sejak 1 Januari 2017 tersebut.

Bupati atas nama Pemerintah Kabupaten Sumedang mengucapkan selamat dan memberi dukungan sepenuhnya terkait pelaksanaan PPK BLUD di UPTD Puskesmas dan Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Sumedang. “Dengan diterapkannya PPK BLUD ini secara penuh diharapkan akan mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat berupa jasa pelayanan kesehatan yang berdasarkan prinsip efisiensi dan produktivitas serta praktik bisnis yang sehat,” ujarnya.

Baca Juga  Tingkatkan Kepercayaan Publik, Polda Jabar Bikin Terobosan Kreatif dan Inofatif

Bupati juga menyerahkan secara simbolis sertifikat akreditasi Puskesmas kepada Puskesmas Kota Kaler dengan Akreditasi Madya dan Puskesmas Buahdua dengan Akreditasi Dasar. Turut pula diserahkan 6 unit ambulans dari DAK 2016 untuk Puskesmas Rawat Inap jatinangor, Puskesmas Kota Kaler, Puskesmas Situraja, Puskesmas Rawat Inap Wado, Puskesmas Jainunggal, dan Puskesmas Ujungjaya. Sedangkan Puskesmas Hariang mendapatkan penghargaan sebagai Puskesmas yang tiga tahun berturut-turut tidak ada kematian ibu dan anak.

Turut pula diserahkan bantuan logistik bagi penduduk di wilayah relokasi Waduk Jatigede kepada Camat Wado dan Camat Jatigede. Penandatanganan prasasti peresmian Puskesmas Rawat Inap Tomo dan RS Harapan Keluarga serta penyerahan penghargaan bagi tenaga kesehatan berprestasi turut mewarnai acara. Para pegawai yang memasuki masa pegawai yang memasuki masa purna bhakti di lingkungan Dinas Kesehatan Tahun 2015-2016 turut mendapatkan penghargaan dalam upacara tersebut.

Baca Juga  Alhamdulillah Seorang PDP di Sumedang Dinyatakan Negatif Corona

Kepala Dinas Kesehatan Retno Ernawati dalam laporannya mengatakan, tema HKN ke-52 Tahun 2016 adalah ‘Indonesia Cinta Sehat’ dengan sub tema ‘Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat’. “Sesuai dengan tema kegiatan, peringatan ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat hidup sehat melaluiuipaya preventi dan promotif,” ujarnya.

Adapaun tujuan dari berbagai rangkaian peringatan adalah untuk meningkatkan layanan kesehatan baik secara promotif, preventif, kuratif, maupun rehabilitatif. “Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan rasa persaudaraan khususnya diantara keluarga besar kesehatan baik yang ada di sektor pemerintah maupun swasta,” tuturnya.

Sebelumnya telah digelar berbagai lomba untuk menyambut HKN antara lain Lomba Jingle Kesehatan, Lomba Mars Hidup Sehat, Lomba Desaian Kaos PPK BLUD, Bulu Tangkis Putra/Putri, Bola Voli Putra/Putri, Futsal, dan gerak jalan sehat. “Para pesertanya adalah para pegawai instansi kesehatan Pemkab Sumedang, institusi pendidikan kesehatan, BPJS Kesehatan, KPKS, KPRI Tandang, PMI, dan organisasi wanita,” ucapnya. (hum)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Penyaluran Makanan Nutrisi KPM, APDESI Minta Bumdes Dilibatkan

Pilihan Redaksi

Niat Mancing, Jana Tewas Tabrakan dengan Elp Cikijing

Pilihan Redaksi

Bawaslu Sumedang Minta KPU Cek Ulang, Pastikan WNA Tak Masuk DPT

Pilihan Redaksi

Bupati Sumedang Belum Tetapkan KLB, Masih Waspada Demam Berdarah

Pilihan Redaksi

SMK Multiguna Malam Ini Terbakar

Pilihan Redaksi

Kodim 0610/Sumedang Gelar Bersih-bersih Lingkungan

KABAR DARI GEDUNG NEGARA

Dishubkominfo gelar PIN di Terminal Ciakar

OLAHRAGA

Atep Rizal Bangga Maruarar Sirait Mau Turun Langsung ke Bawah