Home / Nasional / Pilihan Redaksi

Jumat, 17 November 2017 - 00:38 WIB

Yu! hadiri acara angklung pride ke Tujuh di Saung Udjo



BANDUNG–Angklung diakui oleh UNESCO sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity sejak 16 November 2010. Sejak saat itu angklung menjadi sebuah bentuk kebudayaan yang diakui dunia berasal dari Indonesia.
Untuk memperingati penetapan oleh UNESCO tersebut, tahun ini Saung Angklung Udjo kembali menggelar kesenian yang mengangkat nuasan angklung sebagai warisan budaya Idonesia khususnya dari Jabar. “Sejak 1 November sebenarnya sudah dilakukan resital angklung di Udjo, hingga 15 November, lalu akan dilakukan jambore angklung gunung tanggal 18-19 November dan terakhir puncak acara Angklung Pride ke 7,” ujar Taofik Udjo, pengelola Saung Angklung Udjo seperti dilansir laman resmi Pemprov Jabar, Kamis (16/11).
Ia mengatakan, Angklung Pride ke6 tahun lalu dihadiri dan dibuka langsung oleh Wagub Jabar Dedy Mizwar, tahun ini kemungkinan juga akan sama. Pelaksanaan Angklung Pride ada di Kebon Awi Udjo Cijaringao, pada Minggu 19 November nanti.
“Menjaga, memelihara, meregenerasikan dan mempromosikan angklung adalah tugas besar yang harus dilakukan setelah pendeklarasian oleh UNESCO 2010 lalu, Jika tidak dilakukan maka kemungkinan bisa dicabut lagi,” kata dia.
Namun setelah tujuh tahun berlalu, menurutnya , UNESCO masih tidak mencabut, hal itu karena ternyata angklung kini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Idnonesia khususnya Jabar. Padahal jika dalam dua tahun pertama ditetapkan tidak ada kegiatan yang mampu mengembangkan angklung, maka bisa saja dicabut dari UNESCO. jo

Baca Juga  Alumni SMPN 1 Sumedang Ini Berikan Bantuan Komputer, Siapa Menyusul?
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Dua Kebakaran Terjadi Malam Ini di Cisitu Sumedang
Manajemen Nissan-Datsun memperlihatkan peralatan di dalam Nissan-Datsun Mobile Siaga

BISNIS

Pilihan Nissan untuk menemani mudik agar lancar

Pilihan Redaksi

Bupati Sumedang Terpilih Dony-Erwan Ajak Semua Elemen Majukan Sumedang

Pilihan Redaksi

Dinsos Sumedang Siapkan Program Edukasi Cicing di PANTI
Pengecoran jalan dilakukan dalam rangka Pra TMMD ke-110 Kodim 0610/ Sumedang di Dusun Cilutung Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar, Minggu 28 Februari 2021.

Pilihan Redaksi

TNI dan Warga Kertamukti Gotong Royong Sukseskan Pra TMMD ke-110

BISNIS

BI dan Unpad jalin kerjasama terkait pendidikan dan penelitian khusus

Pilihan Redaksi

Besok Jamaah Haji Kloter 60 Tiba di Sumedang

Pilihan Redaksi

Longsor Cilipung, Kamar Mandi dan Dapur Caca Tergerus