Menu

Mode Gelap

Nasional · 5 Feb 2018 10:03 WIB ·

Nurhasan: Darurat Keselamatan Kerja Projek Infrastruktur Nasional

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Anggota komisi V DPR RI, Nurhasan Zaidi

ANGGOTA KOMISI V DPR RI, NURHASAN ZAIDI: Anggota komisi V DPR RI, Nurhasan Zaidi

JAKARTA – Kecelakaan terkait pembangunan projek infrastruktur nasional kembali berulang, kali ini di jakarta pada Ahad (4/2). Kecelakaan kerja pada projek pembangunan doble double track (DDT) Kereta Api di Matraman Jakarta Timur itu menewaskan 4 orang pekerja. Terkait hal tersebut, anggota komisi V DPR RI, Nurhasan Zaidi, mendesak pemerintah untuk segera melakukan investigasi secara mendalam dan segera mengambil tindakan tegas.

“Jelas,kita berbelasungkawa dan prihatin dengan musibah ini.  Untuk yang kesekian kalinya dalam 3 bulan terakhir kecelakaan terjadi dengan jenis kecelakaan yang relatif sama. Ini darurat keselamatan kerja bagi projek infrastruktur nasional, tidak bisa di anggap sesuatu hal yang biasa. Jelas ada indikasi masalah disini, kita tidak menghakimi, tapi ini fakta yang berulangkali terjadi, ini menunjukkan projek tersebut minim pengawasan dan tidak memperhatikan keselamatan kerja, ini fatal!” ungkap Nurhasan.

Baca Juga  TPT SD Peusar Longsor, Siswa Belajar di Rumah

Legislator dari fraksi PKS ini menambahkan bahwa dia dan Komisi V yang membidangi Infrastruktur dan perhubungan ini akan tegas dalam hal ini. “Kita mendesak Pemerintah khususnya Komite Keselamatan Konstruksi (KKK) yang telah dibentuk untuk segera melakukan investigasi secara mendalam dan lakukan evaluasi terhadap penerapan SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja-Red), dan segera akan kita panggil semua pihak yang terkait. Bila ada potensi pelanggaran terhadap UU dan SOPnya, segera tindak tegas, ini mendesak, jangan sampai hal ini terulang lagi.”

“Sesuai dengan pasal 52  UU No.2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi (Jaskon), Penyedia Jasa dan sub penyedia Jasa dalam penyelenggaraan Jasa Konstruksi harus memenuhi Standar Keamanan, Keselamatan, Kesehatan, dan Keberlanjutan. Jika tidak, penyedia jasa dapat dikenakan sanksi administratif mulai dari peringatan tertulis, penghentian sementara konstruksi hingga pencabutan ijin sebagaimana diatur dalam pasal 96 UU tersebut”, jelas Nurhasan.

Baca Juga  Petir Sambar KWh Meter Masjid At-Taqwa Tanjungmekar Sumedang

Nurhasan meminta kejadian ini harus menjadi perhatian khusus dan peringatan bagi Pemerintah. “Pembangunan yang serentak dan kejar tayang pasti menimbulkan beban moral bagi siapapun termasuk penyedia jasa kontruksi, karenanya pemerintah harus bertanggung jawab. Disamping penyedia jasa kontruksi juga harus mempertanggung jawabkan sesuai hukum dan UU yang berlaku. Berharap ini yang terakhir, harus ada ketegasan dan perhatian khusus untuk masalah ini” tegasnya mengakhiri. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.

Sumedang Gelar Pilkades Ditengah Pandemi Covid-19, Wabup Sumedang: Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tidak Terjadi Cluster Baru

25 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan mengingatkan berbagai pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021, 27 Oktober 2021 saat Apel Kesiapan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Sumedang. Senin, 25 Oktober 2021.

750 Personel Polisi Siap Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang

25 Oktober 2021 - 14:01 WIB

Dari sebanyak 1.200 personel dari Polres Sumedang, 750 diantaranya bakal dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades serentak) di Kabupaten Sumedang pada 27 Oktober 2021.

Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

21 Oktober 2021 - 17:40 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.

Kenalkan Kaulinan Barudak Tempo Dulu, Desa Sukamenak Gelar Sadinten Ulin di Sagara Munjul

21 Oktober 2021 - 17:12 WIB

Permainan Silat dari Desa Darmajaya, Kecamatan Darmaraja di tampilkan dalam pagelaran Sadinten Ulin di Sagara. Kamis, 21 Oktober 2021.

Manager Sepak Bola PON Jabar Bangga Timnya Lolos 6 Besar

3 Oktober 2021 - 22:14 WIB

Tim Jawa Barat lolos ke babak 6 besar Sepak bola Pon Papua setelah mengalahkan Maluku Utara dengan skor 3-1 di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura, Minggu.
Trending di OLAHRAGA