KABAR DARI GEDUNG NEGARA, Pilihan Redaksi

Iriawan Ajak Orang Sunda Bersatu Silih Wawangi

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi

SUMEDANG ONLINEPenjabat Gubernur Jawa Barat, H.M. Iriawan berharap agar orang Sunda, selalu kompak dengan saling mendukung satu sama lain dalam berbagai hal positif, atau dalam filosofi Sunda disebut dengan istilah ‘silih wawangi’.

Hal itu dikatakan Iriawan saat acara sarasehan bersama para sesepuh, seniman, budayawan dan tokoh masyarakat dengan tajuk ‘Identifikasi Serta Menjaga Identitas Kelestarian Budaya Sunda’, di Gedung Negara Sumedang, Senin (3/9/2018).

Menurut Iriawan salah satu filosofi sunda ‘silih asah, silih asih dan silih asuh’, masih harus ditambah dengan silih wawangi. ”Silih wawangi dapat diartikan saling memberi dukungan satu sama lain, supaya orang sunda kompak semua. Tentu saja dukungan ke arah hal positif,” ungkapnya.

Keinginan Gubernur saat itu tentunya sangat beralasan. Menurutnya, Jawa Barat dengan penduduk asli suku sunda, merupakan salah satu daerah dengan penduduk terbesar di Indonesia.

Kendati demikian, sampai dengan saat ini, orang Sunda yang memiliki kedudukan strategis di tingkat Pusat tidaklah banyak.

”Kita bisa hitung sendiri, posisi Menteri saat ini paling banyak tiga orang yang berasal dari suku Sunda. Begitupula dengan posisi strategis lainnya seperti anggota DPR misalnya, itu (jumlahnya) masih kalah besar dibanding para anggota DPR dari luar daerah Jabar,” tuturnya.
Atas dasar hal itulah, dirinya berpesan agar masyarakat Sunda khususnya, agar mau saling memberi dukungan, apabila ada seseorang dari daerah Jabar yang ingin turut memajukan wilayah dengan berkarya di pemerintahan pusat.

“Sebentar lagi kan kita akan menyelenggarakan pemilu legislatif. Pesan saya, pilihlah orang Jabar calon anggota DPR RI yang ingin turut memajukan budaya Sunda, siapa pun orangnya,” tukasnya. (iwan)

Tinggalkan Balasan